MEKANISME PENETAPAN UPAH BURUH PANEN SAWIT DI DESA PONDOK KUBANG KABUPATEN BENGKULU TENGAH MENURUT TINJAUAN EKONOMI ISLAM

Hidayatullah, Akbar (2022) MEKANISME PENETAPAN UPAH BURUH PANEN SAWIT DI DESA PONDOK KUBANG KABUPATEN BENGKULU TENGAH MENURUT TINJAUAN EKONOMI ISLAM. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
PDF SKRIPSI AKBAR HIDAYATULLAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Islam menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan secara menyeluruh dalam penentuan tingkat upah yang adil dapat ditentukan oleh dua faktor yaitu faktor obyektif dan faktor subyektif.Tujuan ipenelitian iini iyaitu iuntuk mengetahui dengan jelasmekanisme penetapan upah buruh panen sawit dan menganalisis berdasarkan tinjauan ekonomi Islam mengenai keadilan penetapan upah buruh panen sawit di desa Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah. Jenis ipenelitian iyangdilakukan dalam penelitian ini iadalah penelitianilapangan(field iresearch) idengan ipendekatan ideskriptifkualitatif.Darihasilpenelitianidapatidisimpulkanibahwa mekanisme penetapan upah buruh panen sawit di Desa Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah adalah Praktik mekanismenya adalah praktik antara pemilik sawit dan buruh panen sawit, hampir semua pemilik sawit melakukan mekanisme penetapan upah buruh panen sawit yang tidak sesuai dengan upah minimum yang seharusnya buruh panen dapatkan. Dengan mekanisme seperti itu membuat buruh panen sawit tidak merasakan keadilan terhadap penetapan upah yang tidak sesuai dengan upah minimum buruh panen kelapa sawit.Kedua Tinjauan Ekonomi Islam Dari segi praktek yang di berlakukan di Desa Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah akad atau sistem pemanenan di berikan secara lisan.sistem penetapan upah buruh yaitu tidak memiliki perjanjian yang jelas antara pemilik lahan dan buruh panen sawit, akan tetapi pemilik lahan ini menetapkan upah buruh sesuai dengan pendapatan pemanenan kelapa sawit. Sistem kontrak yang mereka lakukan tidak mengikat dikarenakan mereka hanya melakukan perjanjian kontrak kerja secara lisan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penetapan Upah Buruh
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:26
Last Modified: 03 Oct 2022 07:26
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10409

Actions (login required)

View Item View Item