PENGARUH KEUNTUNGAN MATERI, KEPATUHAN SYARIAH DAN KEMASLAHATAN TERHADAP INVESTASI SYARIAH (Studi Investor Galeri Investasi Syariah (GIS) IAIN Bengkulu)

Betri, Liza (2018) PENGARUH KEUNTUNGAN MATERI, KEPATUHAN SYARIAH DAN KEMASLAHATAN TERHADAP INVESTASI SYARIAH (Studi Investor Galeri Investasi Syariah (GIS) IAIN Bengkulu). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
skripsi Liza Betri.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui apakah keuntungan materi, kepatuhan syariah dan kemaslahatan berpengaruh signifikan baik secara simultan maupun parsial terhadap investasi syariah di galeri investasi syariah (GIS) IAIN Bengkulu, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keuntungan materi, kepatuhan syariah, dan kemaslahatan terhadap investasi syariah di Galeri Investasi syariah (GIS) IAIN Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif asosiatif. Sampel penelitian ini sebanyak 44 investor, dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Teknik pengumpulan data survei menggunakan kuesioner tertutup dan studi kepustakaan menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data, uji validitas data menggunkan Pearson Crrlation, uji reliablitas data menggunakan Cronbach’s alpha. Normalitas data menggunakan Skewnees, uji homogenitas menggunakan homogeneity of variance (Levence Tenst) dan uji linieritas menggunakan Test Of Linearity. Uji multikolinieritas menggunakan Tolerance dan Variance Inflation Factor (VIF), uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa keuntungan materi, kepatuhan syariah dan kemaslahataan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap investasi syariah dengan nilai sig (0,000) < (0,05), secara parsial keuntungan materi tidak berpengaruh signifikan terhadap investasi syariah dengan nilai sig (0,856) > (0,05), kepatuhan syariah tidak berpengaruh signifikan terhadap investasi syariah dengan nilai sig (0,963) > (0,05), kemaslahatan berpengaruh signifikan terhadap investasi syariah dengan nilai sig (0,000) < (0,05), dan besarnya pengaruh keuntungan materi, kepatuhan syariah dan kemaslahataan terhadap investasi syariah yaitu 0,426 atau (42,6%), sedangkan sisanya 57,4% dipengaruhi oleh faktor lain seperti pendapatan dan kondisi perekonomian diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keuntungan Materi, Kepatuhan Syariah, Kemaslahatan, Investasi Syariah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 07 Oct 2022 08:01
Last Modified: 07 Oct 2022 08:01
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10524

Actions (login required)

View Item View Item