KESIAPAN SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) KOTA PAGAR ALAM DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM YANG MENGACU PADA KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI)

Kamaron, Alip (2018) KESIAPAN SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) KOTA PAGAR ALAM DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM YANG MENGACU PADA KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI). Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
tesis alip kamaron.pdf

Download (1MB)

Abstract

Terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 73 Tahun 2013, mengharuskan Perguruan Tinggi untuk melakukan redesain kurikulum yang mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Banyak perguruan tinggi yang belum siap menghadapi perubahan desain kurikulum tersebut seperti halnya Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Kota Pagar Alam. Berangkat dari latar belakang tersebut, yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimanakah kesiapan pengurus dalam implementasi kurikulum yang mengacu pada KKNI di STIT Kota Pagar Alam, 2). Bagaimanakah kesiapan dosen dalam implementasi kurikulum yang mengacu pada KKNI di STIT Kota Pagar Alam dan 3). Bagaimanakah kesiapan sarana dan prasarana dalam implementasi kurikulum yang mengacu pada KKNI di STIT Kota Pagar Alam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan desain penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Teknik triangulasi digunakan untuk menguji ke absahan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa kesiapan pengurus dalam implementasi kurikulum yang mengacu pada KKNI di STIT Kota Pagar Alam masih tergolong rendah, hal ini dapat di lihat dari beberapa indikator bahwa 1). Pengurus belum pernah mengikuti workshop, pelatihan atau diklat tentang penyusunan kurikulum berbasis KKNI, 2). Belum pernah mendapatkan sosialisasi mengenai kurikulum yang mengacu kepada KKNI, dan 3). Belum mempunyai panduan penyusunan kurikulum tentang KKNI. Kesiapan dosen dalam implementasi kurikulum yang mengacu pada KKNI di STIT Kota Pagar Alam juga tergolong masih rendah dan belum siap, hal ini dapat di lihat dari kurangnya pemahaman dosen-dosen STIT tentang kurikulum yang mengacu kepada KKNI, sistem pengajaran yang di sampaikan oleh para dosen masih cenderung secara konvensional. Dari segi sarana dan prasarana dapat di katakan sudah cukup memadai dalam implementasi kurikulum yang mengacu kepada KKNI

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 07 Oct 2022 08:25
Last Modified: 07 Oct 2022 08:25
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10540

Actions (login required)

View Item View Item