EFEKTIVITAS PERATURAN DAERAH KABUPATEN SELUMA NO 19 TAHUN 2007 TENTANG PEMELIHARAAN DAN PENERTIBAN HEWAN TERNAK DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Desa Suka Bulan Kec. Talo Kecil)

Bastian, Andi (2018) EFEKTIVITAS PERATURAN DAERAH KABUPATEN SELUMA NO 19 TAHUN 2007 TENTANG PEMELIHARAAN DAN PENERTIBAN HEWAN TERNAK DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Desa Suka Bulan Kec. Talo Kecil). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
ANDI SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Efektivitas Peraturan Daerah Kabupaten Seluma No. 19 Tahun 2007 Tentang Pemeliharaan dan Penertiban Hewan Ternak Ditinjau Dari Hukum Islam (Studi Kasus Desa Suka Bulan Kec. Talo Kecil) oleh Andi Bastian NIM. 1416151879 Ada dua persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: Bagaimana Efektivitas Pemeliharaan dan Penertiban Hewan Ternak Menurut Peraturan Daerah Kabupaten Seluma Nomor 19 Tahun 2007 di Desa Suka Bulan Kecamatan Talo Kecil dan Bagaimana Pandangan Hukum Islam Terhadap Pemeliharaan dan Penertiban Hewan Ternak yang berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Seluma Nomor 19 Tahun 2007 di Desa Suka Bulan Kecamatan Talo Kecil. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Pemeliharaan dan Penertiban Hewan Ternak Menurut Peraturan Daerah Kabupaten Seluma Nomor 19 Tahun 2007 di Desa Suka Bulan Kecamatan Talo Kecil dan untuk mengetahui Pandangan Hukum Islam Terhadap Pemeliharaan dan Penertiban Hewan Ternak yang berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Seluma Nomor 19 Tahun 2007 di Desa Suka Bulan Kecamatan Talo Kecil. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analitik, yaitu penulis berusaha mendeskripsikan efektivitas Peraturan Daerah Kabupaten Seluma No. 19 Tahun 2007 Tentang Pemeliharaan dan Penertiban Hewan Ternak Ditinjau Dari Hukum Islam. Kemudian data tersebut dianalisis dan dibahas untuk menjawab permasalahan tersebut. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Berdasarkan Perda No 19 Tahun 2007 Tentang Pemeliharaan dan Penertiban hewan ternak belum efektif dan banyak kendala dalam pelaksanaan yang masih harus diperbaiki, selain itu juga masih banyak para peternak yang melanggar aturan tersebut. Selain itu juga ada beberapa indikator yang menyebabkan kurangnya Efektivitas Perda Nomor 19 Tahun 2007 Tentang pemeliharaan dan penertiban hewan ternak belum efektif adalah kurangnya komunikasi serta sumber daya kurang efekif. Ditinjau dari hukum Islam dalam pemeliharan dan penertiban hewan oleh masyarakat dari perda sesuai hukum Islam, tapi dalam penerapan Perda tentang pemeliharaan dan penertiban hewan belum sesuai dengan hukum Islam, karena melanggar Perda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perda, Pemeliharaan dan Penertiban Hewan Ternak, Hukum Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Syari'ah > Hukum Tata Negara
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:03
Last Modified: 03 Nov 2022 08:03
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10683

Actions (login required)

View Item View Item