POLA KOMUNIKASI PARA USTADZAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU IQRA’ 1 KOTA BENGKULU

SUGIARTO, SUGIARTO (2018) POLA KOMUNIKASI PARA USTADZAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU IQRA’ 1 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
Skripsi PDF.ShuGi.1711310020,.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ada dua persoalan yang dikaji dalam skripsi ini yaitu (1) Bagaimana Pola Komunikasi Para ustadzah dalam menanamkan nilai-nilai keislaman di SDIT Iqra’ 1 Kota Bengkulu (2) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat para ustadzah dalam pembinaan kegiatan esktrakulikuler di SDIT Iqra’1 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian adalah (1) mengetahui pola komunikasi para Ustadzah dalam menanamkan nilai-nilai keislaman di SDIT Iqra’ 1 Kota Bengkulu. (2) mengetahui faktor-faktor penghambat para ustadzah menanamkan nilai-nilai Keislaman di SDIT Iqra’1 Kota Bengkulu. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif (descriptive reaserch). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi langsung ke lapangan dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pola komunikasi yang digunakan para Ustadzah dalam menanamkan nilai-nilai keIslaman di SDIT Iqra’ 1 mengunakan dua pola komunikasi yaitu (a) Komunikasi Antarpribadi ( interpersonal communication ) berupa pembinaan pelaksanaan ibadah sholat wajib, pengarahan iqomat, pengajaran pelaksanaan wudhu, mengontrol shaf sholat berjama’ah, membimbing zikir dan do’a secara bersama-sama. (b) komunikasi kelompok berupan pelaksanaan ibadah, menginstruksikan sholat sunnah, pelatihan kultum, pengarahan hafalan juz amah dan surat pilihan. (2) faktor pendukungnya salah satunya berupa proses kegiatan belajar mengajar yang sampai sore sehingga pembinaan serta pengawasan bisa berjalan full day, sedangkan salah satu faktor penghambatnya berupa Pengaruh lingkungan anak yang tidak sama dengan kondisinya di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:07
Last Modified: 03 Nov 2022 08:07
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10711

Actions (login required)

View Item View Item