PENGARUH PEMBIASAAN SHALAT BERJAMAAH TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 32 GIRIMULYA KAB. BENGKULU UTARA

Kaputri, Tiara Sari (2018) PENGARUH PEMBIASAAN SHALAT BERJAMAAH TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 32 GIRIMULYA KAB. BENGKULU UTARA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
tiara sari kaputriiii benar.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh kedisiplinan siswa dalam shalat berjama’ah yang masih rendah. Hal ini diduga karena kegiatan pembiasaan shalat yang dilakukan disekolah belum berjalan dengan baik. Atas dasar ini, peneliti terdorong untuk mengungkapkannya menjadi penelitian. Masalah dalam penelitian ini adalah masih siswa yang belum disiplin dan kurangnya kesungguhan dalam pelaksanaan shalat dzuhur berjama’ah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, apakah ada pengaruh pembiasaan shalat berjama’ah terhadap kedisiplinan siswa SMPN 32 Girimulya. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah 259 siswa dan sampel 72 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian ini mengungkapkan adanya pengaruh pembiasaan shalat berjama’ah terhadap kedisiplinan. Hal ini dibuktikan dengan hasil hitung dari uji hipotesis kelas 1 terdapat nilai 22,5%, kelas 2 sebesar 77% dan kelas 3 yaitu sebesar 32,8%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Shalat Berjamaah dan Kedisiplinan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:11
Last Modified: 03 Nov 2022 08:11
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10726

Actions (login required)

View Item View Item