PENDIDIKAN KELUARGA MENURUT HAMKA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KONTEMPORER (TELAAH TAFSIR AL-AZHAR)

SUSANTI, LENI NINIK (2018) PENDIDIKAN KELUARGA MENURUT HAMKA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KONTEMPORER (TELAAH TAFSIR AL-AZHAR). Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
tesis leni ninik pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Saat ini pendidikan dalam keluarga sering kali terabaikan bahkan peran dan fungsinya mengalami pergeseran, sehingga menimbulkan berbagai penyimpangan prilaku. Oleh karena itu Hamka sebagai sesok tokoh pendidikan menawarkan mengenai kiat-kiat dalam menjalankan pendidikan keluarga khsusunya yang termuat dalam karya terbesarnya“Tafsir al-Azhar” surat atTahrim ayat 6. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis library research. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode dokumenter dalam rangka mencari sumber data yang menunjang dalam penulisan ini. Analisis data yang digunakan dalam penelitiaan ini adalah content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan keluarga menurut Hamka sangat penting sehingga al-Qur‟an mengkhususkannya dalam surat at-Tahrim ayat 6, menurutnya kepala keluarga menjadi sosok penting dalam keberhasilan pendidikan istri dan anaknya, melalui nasehat terhadap keluarganya, seorang kepala keluarga harus memberikan pengajaran dan pendidikan terhadap keluarganya sehingga menjauhkan dari api neraka. Menanamkan tiga pilar agama yaitu, tauhid, ibadah, dan akhlak kepada istri dan anak-anaknya. Untuk mencapai keberhasilan pendidikan dalam keluarga Hamka memberikan aspek-aspek pendidikan dalam keluarga sebagai berikut (1) keimanan, (2) ibadah, dan (3) keteladanan.Adapun relevansinya dengan pendidikan kontemporer sudah tidak relevan lagi, karena banyaknya keluarga yang tidak memandang penting lagi sebuah pendidikan dalam keluarga, sehingga pada gilirannya mengabaikan berbagai metode pendidikan yang ditawarkan oleh Hamka dalam kiat-kiat pendidik dalam keluarga.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan keluarga, relevansi, kontemporer.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:17
Last Modified: 03 Nov 2022 08:17
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10793

Actions (login required)

View Item View Item