USAHA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION DI KELAS V A SDN 45 KOTA BENGKULU

FITRA, DONI ILHAM (2018) USAHA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION DI KELAS V A SDN 45 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Doni Ilham Fitra.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V A SDN 45 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui 3 siklus. Subyek penelitian berjumlah 27 siswa kelas V A SDN 45 Kota Bengkulu. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis rumus mean dan menghitung persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V A SDN 45 Kota Bengkulu mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran aptitude treatment interaction (ATI). Hal ini didasari dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pada pra-siklus hanya 33,33% (9 siswa) yang tuntas, siklus I meningkat menjadi 59,26% (16 siswa), siklus II meningkat menjadi 74,07% (20 siswa), dan pada siklus III ketuntasan siswa mencapai 92,59% (25 siswa). Hasil penelitian ini bisa digunakan sebagai rujukan bagi guru maupun praktisi pendidikan yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran. Guru dapat menerapkan model pembelajaran aptitude treatment interaction (ATI) ini dalam proses pembelajaran di sekolah mengingat model pembelajaran ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Aptitude Treatment Interaction.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:41
Last Modified: 04 Nov 2022 02:41
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10818

Actions (login required)

View Item View Item