PELAKSANAAN HIBAH KEPADA ANAK BUNGSU PEREMPUAN PADA MASYARAKAT DESA KEMBANG TANJUNG KECAMATAN LUBUK SANDI KABUPATEN SELUMA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM

Safutrie, Zherri Rizky (2018) PELAKSANAAN HIBAH KEPADA ANAK BUNGSU PEREMPUAN PADA MASYARAKAT DESA KEMBANG TANJUNG KECAMATAN LUBUK SANDI KABUPATEN SELUMA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
Zherri Rizky Safutrie PDF Skripsi.pdf

Download (12MB)

Abstract

Persoalan yang dikaji daam skripsi ini pertama yaitu bagaimana pelaksanaan hibah tehadap anak bungsu perempuan di masyarakat Desa Kembang Tanjung Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma. Kedua yaitu bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan hibah kepada anak bungsu perempuan di masyarakat Desa Kembang Tanjung Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma Tujuan penelitian ini untuk pertama untuk mengetahui pelaksanaan hibah tehadap anak bungsu perempuan di masyarakat Desa Kembang Tanjung Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma. Kedua, mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan hibah kepada anak bungsu perempuan di masyarakat Desa Kembang Tanjung Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma. Jenis penelitian ini adalah lapangan dengan mengunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan pertama, pelaksanaan hibah tehadap anak bungsu perempuan di masyarakat Desa Kembang Tanjung Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma dilakukan oleh orang tua pada saat masih hidup dengan dasar pemikiran bahwa anak bungsu perempuan yang paling tepat untuk menjaga dan mengurus mereka dimasa tua. Harta yang dihibahkan kepada anak bungsu perempuan ini yaitu berupa rumah orang tua itu sendiri, tanah atau juga kendaraan. Hibah kepada anak bungsu perempuan ini dilaksanakan secara lisan oleh penghibah kepada penerima hibah tanpa menyertakan akta notaris dan jika ada perselisihan dikemudian hari diselesaikan secara kekeluargaan. Kedua, Pelaksanaan hibah kepada anak bungsu perempuan di masyarakat Desa Kembang Tanjung Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma dari segi rukun dan syarat hibah, sudah sesuai dan memenuhi ketentuan Hukum Islam. Akan tetapi jika dilihat dari jumlah harta yang dihibahkan, dapat dikatakan tidak sesuai dengan ketentuan hukum Islam karena lebih dari 1/3 dari harta penghibah. Sehingga penghibahan kepada anak bungsu perempuan di Desa Kembang Tanjung Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma hukumnya menjadi batal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:43
Last Modified: 04 Nov 2022 02:43
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10830

Actions (login required)

View Item View Item