PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SD NEGERI 02 SELAGAN RAYA KABUPATEN MUKOMUKO

Susanti, Hesti (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SD NEGERI 02 SELAGAN RAYA KABUPATEN MUKOMUKO. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Hesti.pdf

Download (2MB)

Abstract

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah permasalahan pada penelitian ini adalah : Apakah dengan penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pendidin Sosial (IPS) di kelas III SD Negeri 03 Selagan raya Kabupaten Mukomuko Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan mengingat kualitas pembelajaran di kelas bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pelajaran. Pelaksanaan PTK tidak hanya banyak menyita waktu sebab penelitian dilakukan tanpa meninggalkan kegiatan mengajar di samping implementasi tindakan untuk memecahkan masalah. Kesimpulaan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar IPS dapat meningkat dengan model pembelajaran Jigsaw pada siswa di kelas III SD Negeri 02 Selagan Raya Kabupaten Mukomuko. Hal ini dapat dibuktikan bahwa proses belajar mengajar dalam pembelajaran IPS dengan model pembelajaran Jigsaw sudah mengalami peningkatan. Prestasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Jigsaw, pada mata pelajaran IPS siswa di kelas III SD Negeri 02 Selagan Raya Kabupaten Mukomuko sudah meningkat hal ini dapat dinilai dari nilai tes sebelum dilakukan tindakan (preetes) 15 orang siswa yang mendapat nilai < 65 dan 9 orang yang mendapat nilai > 65 dan nilai tes siswa setelah dilakukan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw, nilai postes siklus I, 10 orang siswa yang mendapat nilai > 65, ada 6 orang yang memiliki nilai 65 dan 8 siswa yang mendapat nilai < 65. Sedangkan nilai postes siklus II, 20 orang siswa yang mendapat nilai > 65 dan 4 orang yang mendapat nilai < 65. Dengan melalui model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terlihat dari prasiklus, siklus I, siklus II secara berturut-turut yaitu 38%, 67%, 83%. Hal ini menandakan bahwa tindakan yang telah dilakukan sudah sesuai dengan perencanaan yang telah disusun sebelumnya dan telah mencapai proses dan hasil belajar yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:45
Last Modified: 04 Nov 2022 02:45
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10848

Actions (login required)

View Item View Item