IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK DALAM KELUARGA DI DESA TALANG KARET KECAMATAN TEBAT KARAI KABUPATEN KEPAHIANG

Pernanda, Sandi Lastio (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK DALAM KELUARGA DI DESA TALANG KARET KECAMATAN TEBAT KARAI KABUPATEN KEPAHIANG. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SRIPSI BAB 1-5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan hasil survey di lapangan dalam penerapan pendidikan akhlak pada anak ternyata sebagian orang tua telah menerapkan pendidikan akhlak pada anak dengan baik. Dengan menggunakan beberapa metode antara lain metode teladan, metode pembiasaan, metode kisah, metode motivasi, metode pengawasan, dan metode reward and punishment. Tetapi dalam kehidupan sehari-hari bahwa dilihat dari segi kondisi kepribadian anaknya ternyata masih kurang terbentuk secara maksimal karena ternyata diantara anak�anak tersebut belum sepenuhnya tumbuh kesadaran untuk menaati dan mematuhi keseluruhan kewajibannya dengan baik sehingga hal ini perlu untuk dicari penyebabnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Pendidikan Akhlak pada anak dalam keluarga di desa Talang Karet Kecamatan Tebat Karai Kabupaten Kepahiang. Dan mengetahui kendala yang dihadapi orang tua di desa Talang Karet Kecamatan Tebat Karai Kabupaten Kepahiang dalam memberikan Pendidikan Akhlak pada anak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif adalah “Penelitian yang dirancang untuk memperoleh imformasi tentang status suatu gejala saat penelitian dilakukan. Kesimpulan dalam penelitian ini Pendidikan akhlak dalam lingkungan keluarga bagi anak di desa Talang Karet Kabupaten Tebat Karai Kabupten Kepahiang dilakukan dengan kebiasaan orang tua dalam berperilaku maupun bertutur kata. Pendidikan akhlak yang sudah diterapkan dan terlihat pada diri anak adalah religius, jujur, sopan santun, tanggung jawab, disiplin, dll. Adapun Metode yang digunakan dalam pendidikan akhlak keluarga di desa Talang Karet antara lain adalah, metode teladan, metode pembiasaan, metode kisah, metode motivasi, metode pengawasan. metode reward and punishment. Dalam upaya pembentukan kecerdasan spiritual pada anak di dalam lingkungan keluarga di desa Talang Karet ditempuh orang tua melalui cara mengikut sertakan anak untuk melakukan hal-hal yang baik di setiap kesempatan, baik dalam hal ibadah, berperilaku maupun bertutur kata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:53
Last Modified: 04 Nov 2022 02:53
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10867

Actions (login required)

View Item View Item