DAMPAK PUTUS SEKOLAH TERHADAP MINAT BEKERJA PADA REMAJA DI DESA PADANG JAWI KECAMATAN BUNGA MAS KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Sari, Yeti Puspita (2019) DAMPAK PUTUS SEKOLAH TERHADAP MINAT BEKERJA PADA REMAJA DI DESA PADANG JAWI KECAMATAN BUNGA MAS KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
BAB l-V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana dampak putus sekolah terhadap minat bekerja pada remaja di desa Padang Jawi Kecamatan Bunga Mas Kabupaten Bengkulu Selatan.Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mendeskripsikan dampak remaja putus sekolah terhadap rendahnya minat bekerja di desa Padang Jawi Kecamatan Bunga Mas Kabupaten Bengkulu Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan penelitian ini menggunakan analisa kualitatif. Informan penelitian terdiri dari informan kunci yaitu remaja putus sekolah. Sedangkan informan pendukung adalah orang tua di desa padang jawi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dampak putus sekolah terhadap mint bekerja pada remaja di desa padang jawi adalah berdampak buruk pada keinginan atau minat remaja putus sekolah untuk mencari pekerjaan. Karena adanya rasah tidak percaya diri untuk mencari pekerjaan yang cocok untuknya. Sehinga mereka cendrung bergaul dengan teman temanya yang juga tidak bersekolah. Mereka sering kali menghabiskan waktu dengan berkumpul dan bersanang-senang bersama teman–temanya. Jadi dalam hal ini, sangat diperlukan arahan dari orang tua, agar remaja putus sekolah maasih memiliki keinginan untuk bekerja. Sehingga anak bisa menjalani hidupnya dengan baik, meski tidak bisa melanjutkan sekola. Selain itu, minat bekerja bisa menjauhkan remaja putus sekolah pada pergaulan yang salah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dampak, Remaja Putus Sekolah dan minat bekerja.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Divisions: Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:56
Last Modified: 04 Nov 2022 02:56
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10884

Actions (login required)

View Item View Item