PENGGUNAAN PENDEKATAN SINEKTIK BERBANTUKAN MEDIA BAGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI AJAR PERJUANGAN NABI MUHAMMAD SAW SISWA KELAS VII SMPN 20 KOTA BENGKULU

Supran, Supran (2018) PENGGUNAAN PENDEKATAN SINEKTIK BERBANTUKAN MEDIA BAGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI AJAR PERJUANGAN NABI MUHAMMAD SAW SISWA KELAS VII SMPN 20 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SUPRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan yang peneliti temui di lapangan, diantaranya banyak perilaku peserta didik yang sangat tergantung pada orang lain; kurangnya minat siswa mempelajari sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw‟; kurangnya penyelengaraan pendidikan secara baik oleh pemerintah sehingga peserta didik menjadi sangat tergantung pada orang lain; ketidakmampuan guru untuk memberikan inovasi pembelajaran menyebabkan setiap perubahan proses pendidikan tidak sesuai yang diharapkan; kurangnya inovasi pembelajaran maka guru perlu melakukan strategi yang tepat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan pendekatan sinektik berbantukan media bagan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi ajar perjuangan nabi Muhammad Saw Siswa Kelas VII SMPN 20 Kota Bengkulu? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan sinektik berbantukan media bagan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi ajar perjuangan nabi Muhammad Saw. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti terhadap penerapan pendekatan sinektik dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi Perjuangan nabi muhammad Saw kelas VII di SMPN 20 Kota Bengkulu , maka peneliti menyimpulkan bahwa: Keberhasilan pembelajaran PAI di SMPN 20 Kota Bengkulu dilihat dari pemahaman konsep siswa dapat ditingkatkan melalui Pendekatan sinektik melalui media bagan. Hal ini terlihat dari hasil tes belajar dari siklus I dan siklus II yang meningkat dari 62 % menjadi 82 %. Hasil observasi dalam penggunaan penerapan pendekatan sinektik dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi Perjuangan nabi muhammad Saw yang diikuti oleh siswa pada waktu tindakan menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa yang berkategori baik dan memuaskan dengan rentang pada siklus II. Penggunaan penerapan pendekatan sinektik juga dapat meningkatkan efisiensi pembelajaran PAI di SMPN 20 Kota Bengkulu dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan menarik bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:59
Last Modified: 04 Nov 2022 02:59
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10889

Actions (login required)

View Item View Item