PENERAPAN FATWA DSN-MUI NO. 17/DSN-MUI/IX/2000 TENTANG TA’ZIR PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG BENGKULU

Sopiah, Siti (2018) PENERAPAN FATWA DSN-MUI NO. 17/DSN-MUI/IX/2000 TENTANG TA’ZIR PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI SITI SOPIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui apa saja kendala dalam penerapan ta’zir pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Bengkulu, (2) mengetahui pengalokasian dana ta’zir pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Bengkulu, (3) mengetahui penerapan ta’zir pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Bengkulu apakah sudah sesuai atau belum dengan fatwa DSN-MUI. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ta’zir pada pembiayaan murabahah yang diterapkan oleh bank Muamalat Indonesia Cabang Bengkulu sudah sesuai dengan Fatwa DSN-MUI NO.17/DSN/MUI/IX/2000. Ta’zir yang dikenakan sebesar Rp 50.000,00 untuk satu bulannya terhitung dari tanggal jatuh tempo, denda dikenakan sebesar Rp 50.000,00 jika pembiayaan tersebut kurang dari Rp 500.000.000,00. Adapun kendala penerapan ta’zir pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Bengkulu berasal dari faktor eksternal seperti nasabah tidak menerima adanya denda atau merasa keberatan dan tidak mau membayar denda tersebut. Sedangkan dana yang diperoleh dari ta’zir tersebut dialokasikan oleh pihak Bank Muamalat Indonesia Cabang Bengkulu untuk dana sosial atau diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan seperti memberikan sembako dan santunan kepada fakir miskin sebelum hari raya idul fitri, memberikan bantuan ke daerah yang mengalami bencana atau musibah, dan diberikan untuk beasiswa bagi para pelajar dan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Murabahah, Fatwa DSN-MUI, Ta’zir
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:00
Last Modified: 04 Nov 2022 03:00
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10897

Actions (login required)

View Item View Item