STRATEGI PENINGKATAN JUMLAH NASABAH DALAM SISTEM PEMASARAN MULTIGUNA iB HASANAH DI BNI SYARIAH KANTOR CABANG BENGKULU

Rahmi, Melinda (2018) STRATEGI PENINGKATAN JUMLAH NASABAH DALAM SISTEM PEMASARAN MULTIGUNA iB HASANAH DI BNI SYARIAH KANTOR CABANG BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
skripsi melinda.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi peningkatan jumlah nasabah dalam sistem pemasaran multiguna iB hasanah di BNI Syariah Kantor Cabang Bengkulu, dan untuk mengetahui perkembangan multiguna iB hasanah di BNI Syariah Kantor Cabang Bengkulu. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan bagian koordinator bagian konsumtif dan bagian SME Account Officer di BNI Syariah Kantor Cabang Bengkulu, dokumentasi dan observasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi, kemudian di analisis lebih lanjut dan diambil suatu kesimpulan. Dari hasil penelitian bahwa strategi peningkatan jumlah nasabah dalam sistem pemasaran yang digunakan di BNI Syariah Kantor Cabang Bengkulu, BNI Syariah tidak melakukan strategi khusus, startegi yang biasa dilakukan ada 3 strategi yaitu strategi promosi, publisitas (Publicity), dan penjualan pribadi (Personal Selling). Dengan perencanaan strategi yang dilakukan akan membantu BNI Syariah Kantor Cabang Bengkulu dalam meningkatkan jumlah nasabah dalam pembiayaan multiguna iB hasanah.Multiguna iB hasanah merupakan pembiayaan umum yang sudah lama dikenal dengan masyarakat sehingga perkembangan multiguna iB hasanah di BNI Syariah Kantor Cabang Bengkulu sudah stabil tetapi tidak signifikan. Peningkatan jumlah nasabah dalam pembiayaan multiguna iB hasanaah hanya kisaran 20% sampai 30% tiap tahun sehingga tidak mencapai 50% secara signifikan nya. Adapun kendala yang dihadapi BNI Syariah yaitu kurangnya promosi dalam pembiayaan multiguna iB hasanah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:02
Last Modified: 04 Nov 2022 03:02
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10906

Actions (login required)

View Item View Item