PERAN PENGAWAS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 13 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Pada Pengawas guru PAI SMK Kab. Rejang Lebong)

HAZIZAH, EFI (2019) PERAN PENGAWAS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 13 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Pada Pengawas guru PAI SMK Kab. Rejang Lebong). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS EFI HAZIZAH DISTRIBUSI.docx

Download (2MB)

Abstract

Peran pengawas guru PAI sangat strategis dalam menjaga pembelajaran PAI agar tetap pada jalur yang tepat dan lebih maju dalam penerapan pendidikan pada K13 bagi pelajar. Realitas di lapangan pengawas guru PAI di Rejang Lebong tersebut sangat minim sehingga jangkauan pengawasan sangat terbatas dan kompetensi kepengawasan masih sangat rendah. Karena pembinaan terhadap guru dalam menerapkan PAI berbasis karakter di sekolah oleh pengawas GPAI, maka penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam secara ilmiah tentan bagaimana peran GPAI tersebut dalam memberikan pengasawan pada penerapan PAI berbasis K13. Pendekatan yang dipergukan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, lokasi penelitian adalah SMK Rejang Lebong, sementara pengawas GPAI, kepala sekolah dan Guru PAI menjadi informan pada pepelitian ini, data dikumpulkan dari obyek penelitian melalui, observasi, wawancara terstruktur dan studi dokumantasi, dan dianalisis dengan mengumpulkan data, data tersebut direduksi kemudian data disajikan secara deskriptif analitik dan terakarhir diambil kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian dari berbagai informan dan sumber yang lain, maka diperoleh kesimpulan: 1) Pendidikan Agama Islam berbasis karakter di SMK Rejang Lebong memasukkan nilai-nilai karakter yang ingin dicapai dalam kurikulum pendidikan agama Islam harus dilakukan melalu perencanaan pada saat penyusunan rencana pembelajaran; 2) Pengawas GPAI berperan melakukan supervisi akademik dalam impelemntasi K13 berdasar tupoksi masing-masing pengawas yang dilaksanakan sesuai dengan tiga aspek supervisi yaitu perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Teknik pengawasan yang dilakukan adalah: supervisi individual dan supervisi kelompo serta hasil kepengawasan yang ditinjau dari supervisi manjerial yakni adanya perubahan lebih baik pada pengawasan pelaksanaan pembelajaran dan pelayanan tenaga kependidikan dan bagi siswa seperti: pembiasaan jabat tangan tiap pagi, baca Al Qur’an tiap pagi, Shalat Dhuhur berajamaa di sekolah, dan Jum’at bersih serta dibiasakan untuk berlatih infaq, shodaqoh dan lain-lain. Hasil supervise akademik adalah pelaksanaan pembelajaran lebih bain, baik dari RPP, metode, media dan sumber, nilai rata-rata pelajaran agama siswa meningkat dan perilaku keagamaan siswa membaik

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengawas GPAI, PAI, Kurikulum 13
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:51
Last Modified: 03 Nov 2022 07:51
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10918

Actions (login required)

View Item View Item