ANALISIS UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2012 TENTANG SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Analisis Penjatuhan Sanksi Terhadap Anak)

Mukhlassubianto, Mukhlassubianto (2018) ANALISIS UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2012 TENTANG SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Analisis Penjatuhan Sanksi Terhadap Anak). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI MUKHLAS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adapun permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini yaitu “BagaimanaPenjatuhanSanksiTerhadapAnakDitinjau Dari Hukum Islam (Studi Analisis Undang-Undang No. 11 Tahun 2012TentangSistemPeradilanPidanaAnak)”.Penelitianinimenggunakanpen elitiankualitatif, penelitian yang menggunakankepustakaansebagaibahanpenelitiannya (libraryresearch).Melaluipenelusuranliteratur.Ataudengan kata lain, bahan-bahandan data-datanyadiperolehdariperpustakaan, danberbagaiuraian lain yang relevandenganpermasalahantopicpenulisan. Adapunpendekatan yang digunakandalampenulisaniniadalahpendekatanDeskriftifEvaluatifyaitumen gadakansuatupenelitian yang manadalampenelitianinimemaparkanposisiobyekdalamhalanakditinjaudari hukum Islam, sebagaibahanuntukmelihat UU No 11Tahun 2012TentangSistemPeradilanPidanaAnak.Hasilpenulisaninimenujukanbah wa (1) bagaimana penjatuhan hukuman kepada anak ada empat cara yaitu tahapan penangkapan dan penahanan, tahapan penuntutan dan tahapan pemeriksaan di sidang pengadilan,Adapun pertimbangan hakim dalam menjatuhkan hukuman pidana yaitu hal meringankan dan hal memberatkan, Jenis pidana pokok ketentuan pasal 71 ayat 1 dan ayat 2 pidana tambahan.(2) proses penjatuhansanksiterhadapanakdilihatdariHukum Islam dalamUndang�Undang No. 11 Tahun 2012 TentangSistemPeradilanPidanaAnaktidakbertentangandenganHukum Islam denganketentuanterpenuhinyahak-hakanakdalammenjalanihukuman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:03
Last Modified: 04 Nov 2022 03:03
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10929

Actions (login required)

View Item View Item