PENERAPAN KOMBINASI PENDEKATAN MULTISENSORI DAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL BINA ILMU KOTA BENGKULU

WIDODO, ARIP (2018) PENERAPAN KOMBINASI PENDEKATAN MULTISENSORI DAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL BINA ILMU KOTA BENGKULU. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI INTAN SARI PURWASIH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara anak dan bagaimana meningkatkan keterampilan berbicara anak melalui kombinasi pendekatan multisensori dan multimedia di kelompok B Raudhatul Athfal Bina Ilmu Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dengan tiga kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 15 orang yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa melalui penerapan kombinasi pendekatan multisensori dan multimedia dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini, pengucapan kata, kekayaan kosakata dan pembentukan kalimat sederhana dalam isi bicara mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil pengamatan sebelum tindakan ketuntasan 20%, Siklus I dengan ketuntasan belajar klasikal 46,6% dan Siklus II dengan ketuntasan belajar klasikal 86,6% telah mencapai indikator keberhasilan dengan kriteria sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Pendekatan Multisensori, Multimedia
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Arlan Arlan fairuz
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:04
Last Modified: 04 Nov 2022 03:04
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10941

Actions (login required)

View Item View Item