Aidah, Siti Nur (2021) NILAI-NILAI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT ALASHR DAN IMPLEMENTASINYA DI SD ISLAM TERPADU (SDIT) IQRA’ 2 KOTA BENGKULU. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
TESIS SITI NUR AIDAH.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pandangan para ulama tentang surat Al-Ashr terkait dengan nilai-nilai manajemen pendidikan Islam dan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai manajemen pendidikan Islam dalam surat Al-Ashr di SD Islam Terpadu (SDIT) Iqra’ 2 Kota Bengkulu tentang manajemen waktu dengan bentuk POAC (Planning, Organizing, Actuating, dan Controling). Jenis penelitian ini adalah kepustakaan (library reseach) dan kualitatif dengan pendekatan deskripsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas yang digunakan penelitian ini adalah validitas konstruk (construct validity) yang diperoleh dengan cara menguji validitas yang dilakukan oleh para ahli (expert judgment). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis konten dan analisis induktif dengan tahapan yang terdiri dari: reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan yang digambarkan dalam suatu proses siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. nilai-nilai manajemen pendidikan Islam dalam surat Al-Ashr menurut para ulama yang dapat peneliti simpulkan berupa disiplin, keimanan, beramal shalih, saling menasehati dalam kebenaran dan saling menasehati dalam kesabaran. 2. implemntasi nilainilai manajemen pendidikan Islam dalam surat Al-Ashr di SD Islam Terpadu (SDIT) Iqra’ 2 Kota Bengkulu tentang manajemen waktu dengan bentuk POAC (Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling) dilakukan dengan serangkaian kegiatan yang terbagi dalam empat fungsi: a. dalam menerapkan fungsi perencanaan dengan menentukan tujuan dan kebijakan, b. dalam menerapkan fungsi pengorganisasian dengan memberikan kekuasaan kepada kepala sekolah serta waka untuk menyusun program kegiatan dan memberikan pembinaan kepada para peserta didik yang dilakukan langsung oleh para waka, c. dalam menerapkan fungsi pelaksanaan dengan menerapkan sistem pengajaran hafalan dan muroja’ah pada pelajaran Al-Qur’an dan hadis, dan d. dalam menerapkan fungsi pengawasan dilakukan dengan adil dan bijaksana tanpa memihak satu sama lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Furqon FA Adli |
Date Deposited: | 05 May 2025 01:50 |
Last Modified: | 05 May 2025 01:50 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/11594 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |