PENERAPAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PAI KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 04 KAUR

Anggrayani, Shanti (2019) PENERAPAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PAI KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 04 KAUR. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
FILE SKRIPSI SANTI ANGGRAYANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

‘ABSTRAK Shanti Anggrayani, 2018, Judul Skripsi : “Penerapan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di SMAN 04 Kaur”. Skripsi : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, Pembimbing I :Dr. Zubaedi, M.Ag, M.Pd. Pembimbing II:Hengki Satrisno, M.Pd. Kata Kunci : Penerapan Metode Jigsaw.. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan. Salah satu komponen pembelajaran yang penting adalah penggunaan metode yang tepat. Karena metode yang tepat akan memberikan pemahaman yang menyeluruh kepada siswa terutama metode yang berbasis koopratif. Hubungan makna diatas dengan pendidikan adalah segalah situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan individu sebagai pengalaman belajar yang belangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Dalam arti sempit pendidikan adalah pengajaran yang diselenggarakan umumnya disekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : apakah dengan menerapkan metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam siswa di kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 04 Kaur? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 04 Kaur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran pendidikan agama islam dengan menggunakan penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan memenuhi KKM. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari setiap siklus, pada pra siklus rata-rata nilai ketuntasan belajar klasikal siswa 63,16 (11 siswa) dengan persentase 36,66%, pada siklus I rata-rata nilai ketuntasan belajar klasikal siswa 66 (15 siswa) dengan persentase 50% dan pada siklus II jumlah rata-rata nilai ketuntasan belajar klasilal siswa adalah 85,66 (25 siswa) dengan persentase 83,33%. Dalam proses pembelajaran peneliti menggunakan metode pembelajaran demontrasi dengan melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran, terbukti dengan menggunakan metode jigsaw telah meningkatkan prestasi siswa SMAN 04 Kaur. Sebagai hasilnya siswa mampu menerima materi yang di sampaikan dan mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Hal ini adanya perubahan hasil belajar khususnya mata pelajaran pendidikan agama islam.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Jigsaw
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:40
Last Modified: 02 Apr 2019 08:40
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2612

Actions (login required)

View Item View Item