PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN LISTENING TEAM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 2 LEBONG

Sandi, Peru (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN LISTENING TEAM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 2 LEBONG. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peru Sandi. 2018. Judul “ Pengaruh Strategi Pembelajaran Listening Team Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MAN 2 Lebong”. Pembimbing: 1) Dr. Zubaedi M.Ag., M.Pd 2) Ahmad Syarifin M.Ag Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Listening Team dan Minat Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh realitas masih rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MAN 2 Lebong, yang di sebabkan oleh penggunaaan strategi pembelajaran yang kurang tepat. Hal ini di lihat dari hasil wawancara awal yang dilakukan kepada guru mata pelajaran fiqih dan salah satu siswa. Oleh karena itu, perlu upaya meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran listening team. Masalah dalam penelitian ini adalah: adakah pengaruh strategi pembelajaran listening team dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran fiqih di MAN 2 Lebong?. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah peneitian ekperimen ( experimental research). Sampel pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI IIS yang berjumlah 30 orang, Dengan klasifikasi kelas eksperimen XI IIS I dan kelas kontrol XI IIS II. Teknik pengumpulan data munggunakan observasi, angket, wawancara, dokumentasi. Analisa data menggunakan SPSS 18.0. Hasil pada penelitian ini adalah adanya pengaruh motivasi belajar siswa pada kelas XI IIS I sebagai kelas eksperimen dengan mennggunakan strategi listening team. Hal ini di lihat dari hasil hitung pada uji F yaitu, telah di peroleh sebesar 1,295 dan nilai signifikan yaitu 0,276. Apabila F tes lebih besar T table ( 1,297 > 0,361) dan signifikansi level lebih kecil dari pada 0.05 (0,000 < 0,05). Oleh karena itu,dapat di simpulkan adanya signifikan dari strategi listening team terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dengan materi tentang pembunuhan dan qishash. perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada penggunaan strategi listening team yang di buktikan pada paired samples yang di lihat dari nilai yang di peroleh yaitu, T hitung sebesar 1,277 lebih besar dari pada T table yaitu 0.361. jadi dapat di simpulkan bahwa Ha telah di terima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Listening Team dan Minat Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 28 Mar 2019 01:12
Last Modified: 28 Mar 2019 01:12
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2632

Actions (login required)

View Item View Item