KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Lina Sari, Witri (2019) KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Skripsi witri lina sari pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Witri Lina Sari, Juli, 2018, Keterampilan Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Bengkulu, Skripsi : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. Pembimbing : 1. Drs. H. Rizkan A.Rahman M. Pd, 2. Edi Ansyah M. Pd. Kata Kunci : Keterampilan Mengajar, Guru Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) keterampilan mengajar guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Bengkulu dalam menerapkan keterampilan pada proses pembelajaran. (2) faktor apa saja yang mendukung guru dalam menerapkan keterampilan mengajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Bengkulu. (3) faktor-faktor yang menyebabkan terhambatnya keterampilan mengajar guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini data di kumpulkan dengan menggunakan metode, wawancara dan observasi. Wawancara digunakan untuk menelusuri keterampilan mengajar guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa secara lebih mendalam dalam menyelesaikan persoalan penerapan keterampilan mengejar dalam proses pembelajaran. Observasi melakukan pengamatan situasi dan kondisi yang terjadi di sekolah tersebut. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengajar guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berkaitan dengan penggunaan metode pembelajaran yang disesuaikan sehingga menyebabkan proses pembelajaran dapat lebih menarik dan merubah situasi siswa dari suasana bosan menjadi ada motivasi karena cara mengajar guru dapat membangkitkan semangat siswa dalam menerima pelajaran Pendidikan Agama Islam dan hal ini ditingkatkan lagi oleh guru cara mengajar yang sudah diterapkan dengan menerapkan keterampilan dasar dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mengajar, Guru Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 28 Mar 2019 01:12
Last Modified: 28 Mar 2019 01:12
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2633

Actions (login required)

View Item View Item