PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 52 Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma Tahun Ajaran 2018/2019)

Wiwin Yuliana, Khimhana (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 52 Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma Tahun Ajaran 2018/2019). Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Skripsi Khimhana Wiwin Pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Khimhana Wiwin Yuliana. 2019. NIM: 1416242738, “Penerapan Model Pembelajaran Tebak Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 52 Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma Tahun Ajaran 2018/2019)”. Jurusan Tarbiyah Program Studi S1-PGMI Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. Model Pembelajaran Tebak Kataadalahmodel pembelajaran yang menggunakan media kartu teka-teki yang berpasangan dengan kartu jawaban teka-teki. Pembelajaran ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa, menjadikan siswa lebih aktif dalam menulis dan tebak kata merupakan variasi dalam pembelajaran agar pembelajaran tidak menonton dengan hanya menggunakan metode konvensional hingga siswa tidak merasa bosan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas IV SDN 52 Semidang Alas Maras Kab. Seluma mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran tebak kata. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap-tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa pada kelas IV sebanyak 25 orang siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian adalah bahwaPenerapan Model Pembelajaran Tebak Katasudah mengalami peningkatan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sudah meningkatkan hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada pra-siklus 56, pada siklus I mengalami peningkatan nilai rata-rata 67,2, pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata sebesar 83,4. Ketuntasan pra-siklus, siklus I, siklus II mengalami peningkatan secara berturut-turut yaitu mulai dari 20% meningkat menjadi 48% meningkat mejadi 88%. Serta pada hasil observasi guru maupun siswa telah terlaksana dengan baik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Tebak Kata, Kemampuan Menulis, Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Tebak Kata, Kemampuan Menulis, Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:41
Last Modified: 02 Apr 2019 08:41
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2653

Actions (login required)

View Item View Item