SARI, LEKSITA (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI JENIS-JENIS PEKERJAAN PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN 69 Sukamaju Kabupaten Seluma Tahun Ajaran 2018/2019). Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
skripsi leksita sari.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Leksita Sari. 2018. NIM. 1416242725, “Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Jenis-Jenis Pekerjaan Pada Mata Pelajaran IPS dengan Menggunakan Model Picture and Picture (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN 69 Sukamaju Kabupaten Seluma Tahun Ajaran 2018/2019)”. Jurusan Tarbiyah Program Studi SI-PGMI Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. Kata kunci: Model Pembelajaran Picture and Picture, Hasil Belajar, IPS SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan penggunakan model pembelajaran Picture and Picture meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal jenis-jenis pekerjaan pada pembelajaran IPS siswa kelas III di SD Negeri 69 Sukamaju Kabupaten Seluma. Model pembelajaran Picture and Picture adalah model pembelajaran yang menggunakan gambar dan dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan yang logis, menjadikan siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan agar pembelaajaran tidak menonton dengan hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa tidak merasa bosan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas III di SD Negeri 69 Sukamaju Kabupaten Seluma pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran Picture and Picture. jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas III SD Negeri 69 Sukamaju Kabupaten Seluma. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, panduan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian adalah bahwa penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan kemampuan siswa khususnya pada mata pelajaran IPS. Proses belajar mengajar dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model Picture and Picture sudah mengalami peningkatan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa hasil belajar siswa setelah menggunakan model Picture and Picture, pada mata pelajaran IPS siswa dikelas III SD Negeri 69 Sukamaju Kabupaten Seluma sudah meningkat hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa tersebut dapat dilihat dari peningkatan pada tiap-tiap siklus. Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 47,5. Pada siklus I mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 54,75. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 75,75. Ketuntasan pra siklus, siklus I, siklus II mengaalami peningkatan secara berturut-turut yaitu mulai 25% meningkat menjadi 45% meningkat menjadi 85%. Serta pada hasil observasi guru maupun siswa telah terlaksana dengan baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Picture and Picture, Hasil Belajar, IPS SD. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ms silih fitriasih |
Date Deposited: | 02 Apr 2019 08:42 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 08:42 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2656 |
Actions (login required)
View Item |