PROBLEMA PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 82 PAGAR GADING KECAMATAN PINO RAYA KABUPATEN BENGKULU SELATAN (Studi Kasus Siswa Kelas IV SD Belum Bisa Tulis Baca)

Vurnama Sari, Ezi (2019) PROBLEMA PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 82 PAGAR GADING KECAMATAN PINO RAYA KABUPATEN BENGKULU SELATAN (Studi Kasus Siswa Kelas IV SD Belum Bisa Tulis Baca). Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Skripsi Bab I - V Acc Ujian.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ezi Vurnama Sari, 1416242704, 2018. Problema Pembelajaran di SD Negeri 82 Pagar Gading Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan (Studi Kasus Siswa Kelas IV SD Belum Bisa Tulis Baca). Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pembimbing I Drs. Bhaktiar, M.Pd, Pembimbing II Abdul Aziz Mustaqim, M.Pd. Latar belakang permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran, yaitu siswa tidak mandiri, proses pembelajaran tidak berjalan dengan baik, lingkungan masyarakat yang dominan bekerja sebagai buruh tani dan perkebunan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran tentang siswa yang belum bisa membaca dan menulis dan mengetahui faktor yang mempengaruhi terjadinya problema pembelajaran tentang siswa yang belum bisa membaca dan menulis di kelas IV yang terdapat di SD Negeri 82 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian lapangan (field research) yang kemudian dikaji dan dianalisis secara teoritis (library research). Adapun informan yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, siswa dan wali murid. Hasil penelitian analisis data wawancara, yaitu: penulis menemukan bahwa siswa di kelas IV SD Negeri 82 Bengkulu Selatan belum bisa membaca dan menulis karena siswa kurang fokus dalam pembelajaran, keterbatasan guru menggunakan bahan pembelajaran, daya serap siswa lemah, siswa tidak mengulang kembali pembelajaran dan kurangnya motivasi dari orang tua di rumah. Faktor yang mempengaruhi ada dua, yaitu faktor intern dan faktor ekstern, seperti siswa yang tidak fokus dalam belajar, daya serap dan tingkat intelegensi yang rendah mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah, sarana dan prasarana yang kurang mendukung, lingkungan sekolah yang kurang kondusif, guru yang kurang dalam kompetensi pedagogik, kurangnya perhatian orang tua, latar belakang pendidikan orang tua, metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi dan jarangnya penggunaan media pembelajaran. Kata kunci: Problema Pembelajaran, Siswa Kelas IV SD Belum Bisa Tulis Baca.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Problema Pembelajaran, Siswa Kelas IV SD Belum Bisa Tulis Baca.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:45
Last Modified: 02 Apr 2019 08:45
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2662

Actions (login required)

View Item View Item