PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOLASE ANORGANIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU

Maryanti, Rini (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOLASE ANORGANIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
skripsi rini pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rini Maryanti, NIM : 1416242648 Judul skripsi: Pengaruh Penggunaan Media Kolase Anorganik Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya (SBDP) Pada Siswa Kelas IV SDN 74 Kota Bengkulu, Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing :1. Dr. Zubaedi,M.Ag M.Pd dan 2. Feny Martina, M.Pd Kata kunci : Media Kolase Anorganik, Hasil Belajar (SBDP). Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan masih rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran seni budaya dan prakarya (SBDP) di SD. Hal ini diduga karena guru SBDP belum menggunakan media kolase dan proses pembelajaran. Atas pertimbangan dan peneliti terdorong untuk menelitinya dengan rumusan masalah: seberapa besar pengaruh penggunaan media kolase anorganik terhadap hasil belajar mata pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya (SBDP) Pada Siswa Kelas IV SDN 74 Kota Bengkulu?Tujuan penelitian ini adalah. Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media kolase anorganik terhadap hasil belajar mata pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya (SBDP) Pada Siswa Kelas IV SDN 74 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental design. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan media kolase anorgani dengan tidak menggunakan media . Di kelas IVA Hasil penelitian dapat dilihat dari hasil postest terdapat 4 siswa hasi nilai nya tinggi yakni 83,84 ke-atas persentase (20%) dan 11 siswa yang di kelompok sedang dengan nilai 68,11-83,89 persentase (55%), sedangkan 5 siswa yang mendapatkan hasil nilai rendah dengan nilai 66,11 persentase (22%). Sedangkan hasil belajar siswa kelas IVB sementara itu yang tidak menggunakan Media kolase anorganik adalah terdapat 4 siswa di kelompok tinggi dengan persentase 20%, 13 siswa dikelompok tengah/sedang (65%),dan 3 siswa di kelompok bawah/rendah (15%). dan juga berdasarkan dari hasil pengujian uji “t” terhadap kedua kelompok, thitung = 2,770 sedangkan ttabel dengan df 40 pada taraf signifikan 5% yaitu 2,021. Dengan demikian thitung > ttabel (2,770 > 2,021) yang berarti hipotesis kerja (Ha). Dengan demikian, terbukti adanya signifikan pengg

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Kolase Anorganik, Hasil Belajar (SBDP)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:45
Last Modified: 02 Apr 2019 08:45
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2665

Actions (login required)

View Item View Item