Purnama, Anjeria (2019) PERBANDINGAN PEMIKIRAN MANSUR DAN ZUBAEDI TENTANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIFISLAM. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
ANJERIAA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Anjeria Purnama. 2019. NIM. 1516250030, judul skripsi adalah “Perbandingan Pemikran Mansur dan Zubaedi tentang Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. Pembimbing: 1. Dr. Buyung Surahman, M. Pd., 2. Fatrica Syafri, M. Pd. I. Kata kunci: pendidikan Islam, anak usia dini, Mansur, Zubaedi. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Perbandingan Pemikiran Mansur dan Zubaedi tentang Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam. Skripsi ini bertujuan untuk merumuskan konsep pemikiran Mansur dan Zubaedi serta persamaan dan perbedaan kedua pemikiran tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini digunakan untuk memecahkan masalah dengan cara mengumpulkan data-data yang bersumber dari buku-buku, kemudian di susun serta menganalisa hasil teori atau data yang telah didapat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemikran Mansur dan Zubaedi mempunyai persamaan dan perbedaan yaitu Pertama pendidikan anak usia dini, persamaannya yaitu pendidikan anak usia dini untuk menstimulus dan membimbing anak dengan menggunakan nilai-nilai Islam, perbedaannya pendapat Mansur dengan pewarisan nilai-nilai kepada anak sedangkan Zubaedi dengan aspek tumbuh kembang otak anak. Kedua dalam pendidikan akhlak persamaannya yaitu didasarkan al-Quran dan Hadis, perbedaan pendapat Mansur pendidikan akhlak secara Islami saja sedangkan Zubaedi pendidikan akhlak sama dengan karakter tidak hanya Islam tetapi juga umum. Ketiga strategi pendidikan dalam persamaanya yaitu untuk membentuk manusia beriman dan berilmu serta berakhlak mulia, perbedaanya strategi pendidikan Mansur meliputi strategi sebersih-bersih tauhid, setinggi-tinggi ilmu pengetahuan, dan sepandai-pandai syiasah sedangkan strategi Zubaedi tentang penanaman nilai kejujuran dan pendidikan karakter dengan pembiasaan. Keempat peran orang tua terhadap pendidikan anak persamaanya yaitu peran keluarga sangat penting untuk keberhasilan anaknya. Perbedaannya yaitu Mansur membahas tentang peran keluarga dalam mendidik dan pola asuh orang tua sedangkan pendapat Zubaedi yaitu semua anggota keluarga sangat berperan dalam mendidik anak. . 2019. NIM. 1516250030, judul skripsi adalah “Perbandingan Pemikran Mansur dan Zubaedi tentang Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. Pembimbing: 1. Dr. Buyung Surahman, M. Pd., 2. Fatrica Syafri, M. Pd. I. Kata kunci: pendidikan Islam, anak usia dini, Mansur, Zubaedi. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Perbandingan Pemikiran Mansur dan Zubaedi tentang Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam. Skripsi ini bertujuan untuk merumuskan konsep pemikiran Mansur dan Zubaedi serta persamaan dan perbedaan kedua pemikiran tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini digunakan untuk memecahkan masalah dengan cara mengumpulkan data-data yang bersumber dari buku-buku, kemudian di susun serta menganalisa hasil teori atau data yang telah didapat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemikran Mansur dan Zubaedi mempunyai persamaan dan perbedaan yaitu Pertama pendidikan anak usia dini, persamaannya yaitu pendidikan anak usia dini untuk menstimulus dan membimbing anak dengan menggunakan nilai-nilai Islam, perbedaannya pendapat Mansur dengan pewarisan nilai-nilai kepada anak sedangkan Zubaedi dengan aspek tumbuh kembang otak anak. Kedua dalam pendidikan akhlak persamaannya yaitu didasarkan al-Quran dan Hadis, perbedaan pendapat Mansur pendidikan akhlak secara Islami saja sedangkan Zubaedi pendidikan akhlak sama dengan karakter tidak hanya Islam tetapi juga umum. Ketiga strategi pendidikan dalam persamaanya yaitu untuk membentuk manusia beriman dan berilmu serta berakhlak mulia, perbedaanya strategi pendidikan Mansur meliputi strategi sebersih-bersih tauhid, setinggi-tinggi ilmu pengetahuan, dan sepandai-pandai syiasah sedangkan strategi Zubaedi tentang penanaman nilai kejujuran dan pendidikan karakter dengan pembiasaan. Keempat peran orang tua terhadap pendidikan anak persamaanya yaitu peran keluarga sangat penting untuk keberhasilan anaknya. Perbedaannya yaitu Mansur membahas tentang peran keluarga dalam mendidik dan pola asuh orang tua sedangkan pendapat Zubaedi yaitu semua anggota keluarga sangat berperan dalam mendidik anak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan Islam, anak usia dini, Mansur, Zubaedi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 07:40 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 07:40 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2764 |
Actions (login required)
View Item |