Zukiah Nur, Eza (2019) PENGARUH PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN MULTIPLE INTELLIGENCES ANAK DI KELAS B PAUD PUTI BUNGSU KABUPATEN MUKOMUKO. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
Skripsi Eza I - V Pak Zubaedi Des-1.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Eza Zukiah Nur, November, 2018, Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran terhadap Perkembangan Multiple Intelligences Anak di Kelas B PAUD Puti Bungsu Kecamatan Malin Deman Kabupaten Mukomuko. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing: 1. Dr. Zubaedi, M.Ag, M.Pd., 2. Ahmad Syarifin, M.Ag. Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Perkembangan Multiple Intelligences. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan adanya permasalahan PAUD Puti Bungsu Kabupaten Mukomuko yang belum melaksanakan multiple intelligences. Hal ini ditandai dengan sikap anak kurang terkontrol saat belajar, karena situasi kelas dan ruang belajar anak, hanya dipisahkan dengan sekat papan, sehingga masih banyak anak yang berlari-lari dan mengganggu kelas lainnya, ada anak yang selalu menguasai kelas dan mainan sehingga anak sering berebut mainan di sekolah, model dan metode pembelajaran yang digunakan adalah K-13, tetapi belum bervariasi karena guru hanya menggunakan majalah tema sesuai dengan yang telah ditentukan oleh sekolah, hal ini membuat anak menjadi jenuh dan tidak tertarik lagi saat pembelajaran, alat permainan edukatif hanya digunakan pada saat anak istirahat, seperti puzzle, pletisin, lego dengan jumlah yang terbatas, juga permainan di halaman yang dimiliki PAUD masih sedikit sehingga anak harus mengantri untuk mendapatkan giliran main. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah ada pengaruh penerapan metode bermain peran terhadap multiple intelligences anak di kelas B PAUD Puti Bungsu kecamatan Malin Deman kabupaten Mukomuko. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasi product moment dengan pengujian hipotesis asosiatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu lembar observasi, catatan anekdot dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus product moment. Hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa hasil thitung sebesar 4,179, selanjutnya dibandingkan dengan dk = 14 + 14 – 2 = 26 adalah 1,706. Dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel, 4,179 ≥ 1,706. Angka di atas menunjukkan adanya pengaruh penerapan metode bermain peran terhadap multiple intelligences anak. Berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh penerapan metode bermain peran terhadap multiple intelligences anak kelas B PAUD Puti Bungsu kabupaten Mukomuko. Peningkatan hasil skor ratarata anak pada saat pre-treatment yaitu 73,86 meningkat menjadi 98,14 skor ratarata anak pada saat post-treatment.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Bermain Peran, Perkembangan Multiple Intelligences |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 07:47 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 07:47 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2783 |
Actions (login required)
View Item |