PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PENGEMBANGAN SAINS ANAK USIA DINI DI TK KASIH IBU KECAMATAN PAJAR BULAN KABUPATEN LAHAT

OKTARIA, SELMI (2019) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PENGEMBANGAN SAINS ANAK USIA DINI DI TK KASIH IBU KECAMATAN PAJAR BULAN KABUPATEN LAHAT. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
skripsi selmi oktariaa.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Selmi Oktaria, NIM. 1416253050, 2018 Judul Skripsi : “Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pengembangan Sains Anak Usia Dini Di Tk Kasih Ibu Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat.” :Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Tadris. IAIN Bengkulu. Pembimbing : 1 Nurlaili M.Pd.I 2.Fatrima Santri Syafri M.Pd, Mat Kata Kunci : Penerapan Metode Demonstrasi, Sains Sains adalah suatu proses yaitu suatu metode untuk memperoleh pengetahuan, suatu produk terdiri dari berbagai fakta, konsep, prinsip hukum dan teori. Proses yang termasuk dalam perkembangan sains adalah pemecahan masalah dan membuat sebuah ide. Dengan penerapan metode demonstrasi akan menjadikan perkembangan sains anak. Adakah pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap perkembangan sains anak usia dini Di Tk Kasih Ibu Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap perkembangan sains anak usia dini Di Tk Kasih Ibu Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode eksperimen adapun teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan catatan anekdot. Adapun teknik analisis data penelitian ini adalah melalui run tes. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan selama 45 hari dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode demontrasi pada pengembangan sains anak setelah diberi perlakuan terhadap kelompok eksperimen yang menggunakan media air, pewarna, corong, botol dan kelompok anak-anak membuat pelangi dan pencampuran warna yang dapat diketahui bahwa perubahan hasil belajar anak usia dini 5-6 tahun antara pretest dan postest baik kelompok eksperimen dan kontrol. Dapat dibuktikan bahwa hasil dapat dilihat hasil pretest dan postest kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen mengalami kenaikan 88,25% dari hasil sebelumnya 47,08% meningkat menjadi 94,11%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Demonstrasi, Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 05 Apr 2019 07:51
Last Modified: 05 Apr 2019 07:51
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2798

Actions (login required)

View Item View Item