PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORASI PADA SISWA KELAS III SDN 74 KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2018

PIPSI, PIPSI (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORASI PADA SISWA KELAS III SDN 74 KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2018. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PIPSI PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan model pembelajaran kolaborasi mapel PAI pada siswa Kelas III Tahun Ajaran 2018; mengidentifikasi model pembelajaran kolaborasi dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa Kelas III Tahun Ajaran 2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif, sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas III SDN 74 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018 pada pokok bahasan “Mengenal kalimat dalam Al-Qur’an. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar PAI dapat meningkat dengan penerapan Model pembelajaran kolaborasi pada siswa kelas III SDN 74 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dibuktikan bahwa proses belajar mengajar dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan Model pembelajaran kolaborasi sudah mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa setelah menggunakan Model pembelajaran kolaborasi, pada mata pelajaran PAI siswa kelas III SDN 74 Kota Bengkulu sudah meningkat hal ini dapat dinilai dari nilai tes sebelum dilakukan tindakan (pretes) 15 orang siswa yang mendapat nilai < 65 dan 9 orang yang mendapat nilai > 65 dan nilai tes siswa setelah dilakukan perlakuan dengan menggunakan Metode tatas, nilai postes siklus I, 10 orang siswa yang mendapat nilai > 65, ada 6 orang yang memiliki nilai 65 dan 8 siswa yang mendapat nilai < 65. Sedangkan nilai postes siklus II, 20 orang siswa yang mendapat nilai > 65 dan 4 orang yang mendapat nilai < 65. Dengan melalui Model pembelajaran kolaborasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa terlihat dari prasiklus, siklus I, siklus II secara berturut-turut yaitu 38%, 67%, 83%. Hal ini menandakan bahwa tindakan yang telah dilakukan sudah sesuai dengan perencanaan yang telah disusun sebelumnya dan telah mencapai proses dan hasil belajar yang diharapkan. Kata kunci: Peningkatan, Hasil Belajar dan Model Pembelajaran Kolaborasi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Hasil Belajar dan Model Pembelajaran Kolaborasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 05 Apr 2019 07:52
Last Modified: 05 Apr 2019 07:52
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2812

Actions (login required)

View Item View Item