PENINGKATAKAN PENGUASAAN KOSA KATA SISWA MELALUI MEDIA KARTU TEMPEL DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 59 BENGKULU TENGAH

OKTA, DHELAINI (2019) PENINGKATAKAN PENGUASAAN KOSA KATA SISWA MELALUI MEDIA KARTU TEMPEL DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 59 BENGKULU TENGAH. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DELA BAB I-II.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dhelaini Okta, NIM. 1416242732, judul skripsi: “Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Siswa Melalui Media Kartu Tempel Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas I Sekolah Dasar Negeri 59 Bengkulu Tengah”. Kata Kunci: Penguasaan, Kosa, Kata Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan penguasaan kosa kata melalui media kartu tempel dalam pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 59 Bengkulu Tengah. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas atau PTK (Classroom Action Research ). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian tindakan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Tujuan utama PTK adalah untuk memecahkan permasalahan nyata yang terjadi di kelas. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Penggunaan media pembelajaran kartu tempel pada materi kosa kata mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas I SD Negeri 59 Bengkulu Tengah telah menunjukkan peningkatan. Hal ini bisa dilihat dimana pada siklus I ini mengalami kategori cukup. Kemudian dilanjutkan ke siklus II dan diperoleh hasil kategori baik sesuai dengan apa yang diharapkan. 2) Penggunaan media kartu tempel sangat efektif dalam meningkatkan penguasaan kosa kata siswa kelas I SD Negeri 59 Bengkulu Tengah, hal ini bisa dilihat dimana pada kemampuan awal sebelum dilakukan tindakan (Pra siklus) diperoleh hasil hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 58,33 dengan persentase ketuntasan belajar 37,5% dengan kategori sedang. Untuk itu kemudian peneliti melaksanakan siklus I, pada siklus I ini terjadi peningkatan yaitu diperoleh hasil hasil belajar dengan nilai rata-rata siswa 70,45 dan persentase ketuntasan belajar 79,16% dengan kategori tinggi tapi belum mencapai target yang diinginkan. Penelitian dilanjutkan ke siklus II dan diperoleh hasil hasil belajar dengan nilai rata-rata 80,27 dengan persentase ketuntasan belajar 98% dengan kategori sangat tinggi dan sudah sesuai dengan apa yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan, Kosa, Kata
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 05 Apr 2019 07:53
Last Modified: 05 Apr 2019 07:53
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2815

Actions (login required)

View Item View Item