Henti, Henti (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BUKU SERI TERHADAP KECERDASAN LOGIKA MATEMATIK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RT 01 KELURAHAN BUMI AYU KEC. SELEBAR KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
REVISI SKRIPSI HENTY.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Henti, NIM. 1416253048, 2018 Judul Skripsi : “Pengaruh Penggunaan Media Buku Seri Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 4-5 Tahun Di Rt 01 Kelurahan Bumi Ayu Kec. Selebar Kota Bengkulu”. : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing : 1 Hj. Asiyah, M.Pd Dan Pembimbing 2 Fatrima Santri Syafri M.Pd Mat. Kata Kunci : Pengaruh Penggunaan Media Buku Seri, Kecerdasan Logika Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya pemahaman anak dalam mengenal angka, bentuk, warna, ukuran dan khususnya kecerdasan logika matematika. faktor yang menyebabkan anak kurang memahami kecerdasan logika matematika yaitu kurangnya perhatian orang tua terhadap anak. Selain itu media yang digunakan untuk anak belajar mengenal angka, bentuk, warna, ukuran, yang kurang menarik bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 4 – 5 tahun di RT. 01 Kelurahan Bumi Ayu Kec. Selebar Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, data terkumpul melalui beberapa cara yaitu observasi, ceklis dan dokumentasi. Saat observasi peneliti mengamati anak yang belum mampu untuk mengenal angka, bentuk, warna dan ukuran. Cara kedua menggunakan ceklis yaitu untuk melihat kemampuan atau perkembangan anak dengan menceklis lembar perkembangan anak yang sudah disiapkan oleh peneliti. Cara ketiga yaitu dokumentasi berupa foto-foto kegiatan pada saat penelitian dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan selama 1 bulan lebih 2 minggu dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan media buku seri terhadap kecerdasan logika matematika anak. Setelah dilakukannya perlakuan terhadap kelompok eksperimen yang menggunakan media buku seri dan kelompok kontrol yang menggunakan butir soal dapat diketahui bahwa perubahan hasil belajar anak usia 4-5 tahun antara pretest dan posttes baik kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dapat dibuktikan bahwa hasil dapat dilihat dari hasil pretest dan postest kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen mengalami kenaikan. Pengaruh penggunaan media pada kecerdasan logika matematika anak pada kelompok eksperimen mengalami kenaikan 90% dari hasil sebelumnya hanya 55% meningkat menjadi 95%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Penggunaan Media Buku Seri, Kecerdasan Logika Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | ms silih fitriasih |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 04:06 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 04:06 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2840 |
Actions (login required)
View Item |