RIPISANTRI, RIPISANTRI (2017) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AKHLAK PADA ANAK USIA DINI DI PAUD NURUL IMAN KELURAHAN PAGAR DEWA KOTA BENGKULU. Other thesis, Iain Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI RIFISANTRI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rifisantri, NIM. 1316251098, 2017 judul Skripsi: “Implementasi Nilai-nilai Akhlak Pada Anak Usia Dini di PAUD Nurul Iman Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing : 1.Hj. Asiyah, M.Pd. 2. Dini Febrini, M.Pd Kata Kunci : Implementasi, Nilai-nilai Akhlak Agama merupakan landasan hidup berketuhanan dan merupakan unsur kerohanian setiap hidup manusia. Anak usia dini adalah anak yang berumur 0-5 tahun. Dalam masa ini merupakan masa tumbuh kembang anak, dimana masa ini merupakan masa golden age yaitu masa emas. Pembentukan karakter anak dan mempengaruhi pola pikir anak yang berpengaruh terhadapmasa depannya, agar menjadi generasi penerus yang berakhlah mulia dan memiliki pemikiran positif dalam setiap hal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran nilai-nilai akhlak pada anak usia dini di Paud Nurul Iman Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu? Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam menerapkan nilai-nilai akhlak pada anak usia dini di Paud Nurul Iman Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu? Berdasarkan hasil penelitian dapat peneliti simpulkan bahwa implementasi pembelajaran yang diterapkan PAUD Nurul Iman dalam pembelajaran ada 3 nilai akhlak yaitu : Akhlak terhadap Allah: berupa anak melaksanakan ibadah sholat dhuha, membaca iqro’, hafalan doa, hafalan surat pendek, hafan hadist, hafalan Asmaul Husna. Akhlak terhadap sesama manusia. Yakni berperilaku sesuai dengan ajaran agama yaitu tidak boleh berkelahi, mendoakan orang sakit, saling tolong menolong. Akhlak terhadap lingkungan. Yakni dengan menghargai diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan, menyayangi ciptaan Allah seperti hewan dan tumbuhan, anak-anak juga diajarkan tentang merawat lingkungan merawat hewan. Faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan penanaman nilai-nilai akhlak, terdapat 2 fator penghambat dalam pelaksanaan nilai-nilai akhlak di PAUD Nurul Iman yaitu (1) waktu pelaksanaan pembelajaran dan (2) kurangnya kesadaran orang tua untuk memotivasi anak dan mengulang pembelajaran di rumah. Sedangkan fator pendukung adalah (1) lingkungan (masyarakat dan orang tua), (2) pendidik yang profesional, (3) media pembelajaran dan (4) sarana prasarana.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Nilai-nilai Akhlak |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | ms silih fitriasih |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 04:07 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 04:07 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2845 |
Actions (login required)
View Item |