KLAUDIA, RAFIKA (2018) PELAKSANAAN PROGRAM PARENTING DI PAUD USWATUN KHASANAH KEC. PONDOK KELAPA KAB. BENGKULU TENGAH. Other thesis, Iain Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI RAFIKA KLAUDIA NIM. 1416253034.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rafika Klaudia, NIM. 1416253034,Judul Skripsi: Pelaksanaan Program Parenting Di PAUD Uswatun Khasanah Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah, Pembimbing I: Hj. Asiyah, M.Pd. Pembimbing II: Ahmad Syarifin, M.Ag. Kata Kunci: Parenting, Program Parenting Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimanakah Pelaksanaan Program Parenting Di PAUD Uswatun Khasanah, (2) Apasajakah faktor pendukung dan penghambat dalam Pelaksanaan Program Parenting Di PAUD Uswatun Khasanah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan peristiwa atau kejadian yang terjadi dilapangan selama proses penelitian di PAUD Uswatun Khasanah. Informan dalam penelitian ini yaitu: kepala sekolah, guru dan orang tua atau wali murid PAUD Uswatun Khasanah, serta pemateri atau penyuluh kegiatan yang pernah melakukan penyuluhan di PAUD Uswatun Khasanah.Teknikpengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian: Dalam pelaksanaanya program parenting di PAUD Uswatun Khasanah dibagi dalam 3 tahapan. Pertama, tahap perencanaan program parenting PAUD Uswatun Khasah melaksanakan lima diantaranya yaitu: Sosialisasi Program PAUD Berbasis Keluarga, Pembentukan Pengurus, Identifikasi Kebutuhan Belajar, Penentuan Tempat dan Waktu, Penyusunan Program dan Jadwal Kegiatan. Kedua, tahap pelaksanaan program parenting di PAUD Uswatun Khasanah dilaksanakan oleh semua pihak yang terkait pada lembga tersebut, dan dilaksanakan sesuai dengan perencanaan program yang telah ditetapkan. Ketiga, tahap evaluasi kegiatan yang dilakukan oleh PAUD Uswatun Khasanah menggunakan metode focus group discussion (diskusi fokus).Faktor pendukung dalam pelaksanaan program parenting di PAUD Uswatun Khasanah yaitu adanya dukungan dari semua pihak yaitu sekolah, orang tua dan masyarakat desa setempat.Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya sarana yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan, ada orang tua yang susah diajak kejasama, serta kesibukan yang berbeda-beda. Hasil: Terlaksananya program parenting yang direncanakan pihak sekolah. Orangtua memiliki pengetahuan terhadap perkembangan anak, kesehatan dan gizi anak, kondisi anak selama disekolah. Hubungan yang erat antara pihak sekolah dengan masyarakat yaitu orangtua anak dan pihak-pihak lain seperti perangkat desa dan petugas pukesmas. PAUD Uswatun Khasanah dapat dikenal masyarakat luas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Parenting, Program Parenting |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | ms silih fitriasih |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 04:07 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 04:07 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2850 |
Actions (login required)
View Item |