POLA PENGEMBANGAN SENTRA IMTAQ DALAM KURIKULUM 2013 PADA PAUD AL-HASANAH

Puspa Selicita, Erin (2017) POLA PENGEMBANGAN SENTRA IMTAQ DALAM KURIKULUM 2013 PADA PAUD AL-HASANAH. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Erin Puspa Selicita.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Erin Puspa Selicita, NIM. 1316251674, 2017 judul Skripsi: “Pola Pengembangan Sentra Imtaq Dalam Kurikulum 2013 Pada PAUD Al-Hasanah”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing : Pembimbing I: Dr. Zubaedi, M.Ag.,M.Pd, Pembimbing II: Deni Febrini, M.Pd Kata Kunci : Sentra Imtaq, Kurikulum 2013 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pengembangan sentra Imtaq dalam kurikulum 2013 di PAUD IT Al-Hasanah. Jenis peneliti dan dalam proposal skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif. Metode kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia baik dari hasil wawancara, pengamatan, maupun dari hasil dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disismpulkan bahwa kurikulum sebagai sebuah program belajar bagi siswa yang disusun secara sistematik dan diberikan oleh lembaga pendidikan tertentu untuk mencapai tujuan pendidikan. Pada dasarnya kurikulum berfungsi sebagai pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran. Kurikulum dipersiapkan untuk siswa dalam rangka memberi pengalaman baru yang dapat dikembangkan seiring dengan perkembangan mereka sebagai bekal kehidupannya. Adapun pola pengembangan sentra imtak dan kurikulum 13 di PAUD IT Al Hasanah adalah dilandaskan pada iman dan takwa sejak dini. 1) Dilaksanakan secara terpadu; 2) Berorientasi pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya; 3) Dilaksanakan secara fleksibel sesuai dengan karakteristik anak usia dini ; 4) Dilaksanakan berdasarkan prinsip belajar melalui bermain dengan memperhatikan perbedaan individual, minat, kemampuan masing-masing anak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sentra Imtaq, Kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 10 Apr 2019 04:08
Last Modified: 10 Apr 2019 04:08
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2854

Actions (login required)

View Item View Item