TRISNAWATI, EKI (2018) PENERAPAN STRATEGI BERMAIN STICK ANGKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK DI PAUD WITRI 1 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI EKI TRISNAWATI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Eki Trisnawati, NIM. 1316251090, 2017 judul Skripsi: “Penerapan Strategi Bermain Stick Angka dalam meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak di PAUD Witri 1 Kota Bengkulu”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing : 1. Dr. Zubaedi, M.Ag.,M.Pd 2. Dra. Aam Amaliyah, M.Pd Kata Kunci : Stick Angka, Kemampuan Berhitung Permulaan Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi awal yang menunjukkan adanya kemampuan berhitung permulaan pada anak PAUD Witri 1 yang masih terbilang kurang. Hal ini dikarenakan oleh strategi dan metode mangajar guru yang masih konvensional yang hanya bertumpu pada metode ceramah. Akibatnya anak menjadi bosan dan kurang memperhatikan guru saat pembelajaran. Untuk mensiasatinya diperlukan strategi atau metode permainan yang tepat untuk bisa mengajak anak menjadi fokus dalam memperhatikan guru dalam kegiatan belajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : sejauh mana penggunaan strategi bermain stick angka dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B PAUD Witri 1 Kota Bengkulu? Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi bermain stick angka dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B PAUD Witri 1 Kota Bengkulu Jenis penelitian yang akan penelitian gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau sering disebut dengan classroom action research. Action research merupakan istilah dari penelitian tindakan. Adapun subjek pada penelitian ini adalah anak pada paud Witri 1Kota Bengkulu. Teknik metode penelitian menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian melalui permainan stick angka secara keseluruhan terbukti efektif dalam meningkatkan prestasi kemampuan berhitung permulaan anak. Ini dapat dilihat melalui tindakan pra siklus, siklus I dan siklus II yang terjadi peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak yang signifikan. Selanjutnya melalui pendekatan permainan stick angka anak dapat lebih aktif dan memberikan pengetahuan dan pengalaman baru dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stick Angka, Kemampuan Berhitung Permulaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | ms silih fitriasih |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 04:08 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 04:08 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2862 |
Actions (login required)
View Item |