PENINGKATAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA KELOMPOK B1 DI PAUD AL-FADILLAH KOTA BENGKULU

SUSANTI, DESTI (2018) PENINGKATAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA KELOMPOK B1 DI PAUD AL-FADILLAH KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DESTI SUSANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Desti Susanti, NIM. 1316251516, 2017 judul Skripsi: “Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Melalui Permainan Ular Tangga Kelompok B1 Paud Al-Fadilah Kota Bengkulu”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing: 1. Dr.Alfauzan Amin, M.Ag, 2. Deni Febrini, M.Pd, Kata Kunci : Kecerdasan Logika Matematika, Permainan Ular Tangga Proses pengembangan kecerdasan logika matematika sangat di pengaruhi oleh lingkungan tempat tinggal anak, baik lingkungan keluarga, masyarakat, dan lingkungan lembaga PAUD itu sendiri, PAUD yang merupakan salah satu lembaga tempat anak di bimbing di harapkan dapat memberikan peran yang baik terhadap peningkatan kecerdasan logika matematika bagi anak usia dini. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah permainan ular tangga dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika di PAUD Al-fadilah Kota Bengkulu. Adapun tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui bagaimana Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Melalui permainan ular tangga Kelompok B1 di PAUD Al-Fadilah Kota Bengkulu. Metode penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti terhadap penerapan media permainan ular tangga dalam peningkatan kecerdasan logika matematika anak pada kelompok B1 PAUD Al-fadilah Kota Bengkulu diperoleh data bahwa: minat berhitung anak belum optimal, dapat diketahui kepekaan anak mencapai 48,74%, pemahaman anak mencapai 52,21%, dan komunikasi anak 51,53%. Total kecerdasan logika matematika 50,82%. Hasil tersebut belum mencapai batas kriteria yang akan dicapai peneliti sebesar 75 %. hasil tindakan siklus II diperoleh data bahwa keinginan berhitung anak mengalami peningkatan yang sangat baik, pada aspek kepekaan anak dan komunikasi anak juga mengalami peningkatan yang sangat baik. Kepekaan anak terhadap pembelajan pada siklus II menjadi 77,59%, pemahaman anak terhadap angka 77,62%, dan komunikasi sosial anak menjadi 82,78% dengan kriteria baik. Media permainan ular tangga secara keseluruhan terbukti efektif dalam meningkatkan prestasi keinginan berhitung anak. Ini dapat dilihat melalui tindakan pra siklus, siklus I dan siklus II yang terjadi peningkatan keinginan berhitung anak yang signifikan. Selanjutnya melalui pendekatan permainan ular tangga anak dapat lebih aktif dan memberikan pengetahuan dan pengalaman baru dalam pembelajaran. Jadi dengan adanya peningkatan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain melalui permainan ular tangga dapat meningkatkan kecerasan logika matematika anak pada kelompok B1 PAUD Al-Fadilah Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Logika Matematika, Permainan Ular Tangga
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 15 Apr 2019 01:15
Last Modified: 15 Apr 2019 01:15
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2874

Actions (login required)

View Item View Item