WINARSIH, YUNI (2018) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK ANAK USIA DINI (Studi Kasus Pada Paud Terpadu Miftahul Ulum Desa Wonosobo Kecamatan Penarik Kabupaten Mukomuko). Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI YUNI WINARSIH.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Yuni Winarsih, NIM. 131625110, 2017 judul Skripsi: “Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama Terhadap Pembentukan Akhlak Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Paud Terpadu Miftahul Ulum Desa Wonosobo Kecamatan Penarik Kabupaten Mukomuko)”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing : 1. Hj. Asiyah, M.Pd2.FatricaSyafri,M.Pd.I Kata Kunci : Strategi guru, nilai-nilai agama Pendidikan anak usia dini hakikatnya adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada pengembangan seluruh aspek kepribadian anak. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana pelaksanaan penanaman nilai-nilai agama terhadap pembentukan akhlak anak usia dini di PAUD terpadu Miftahul Ulum desa Wonosobo Kabupaten Muko-muko ? 2) Apakah faktor-faktor penghambat pelaksanaan penanaman nilai-nilai agama terhadap pembentukan akhlak anak usia dini di PAUD terpadu Miftahul Ulum desa Wonosobo Kabupaten Muko-muko? Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan penanaman nilai-nilai agama terhadap pembentukan akhlak usia dini serta mengetahui faktor penghambat penanaman nilai-nilai agama di PAUD terpadu Miftahul Ulum desa Wonosobo Kabupaten Muko-muko. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, makadapatpenelitisimpulkanbahwastrategi yang di lakukan guru dalam menanamkan nilai agama terhadap pembentukan akhlak pada anak usia dini dengan menggunakan teknik pengajaran dimana dalam proses pengajaran kita dapat menggunakan metode bercerita karna dengan metode teknik bercerita ini dapat membuat anak usia dini mudah untuk memahami dan mengerti apa yang sedang diajarkan oleh guru.Strategi lainnya yang dapat digunakan oleh guru dalam menanamkan nilai-nilai agama terhadap anak dengan cara mengenalkan kepada anak, dengan cara menceritakan dongeng-dongeng kisah para rasul saw, mengajarkan nilai-nilai agama keberagamaan dalam kehidupan sehari-hari melalui keteladanan.Adapun Faktor penghambat pelaksanaan penanaman nilai-nilai agama terhadap pembentukan akhlak adalah dari anak (siswa) itu sendiri.Faktor penghambat pelaksanaan penanaman nilai-nilai agama terhadap pembentukan akhlak adalah dari pihak sekolah itu sendiri, seperti tingkat intelegensi guru dan cara pengajaranFaktor penghambat pelaksanaan penanaman nilai-nilai agama terhadap pembentukan akhlak adalah dari keluarga. Dimana keluarga memiliki peranan yang sangat besar dalam penghambat pelaksanaan penanaman nilai-nilai agama terhadap pembentukan akhlak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi guru, nilai-nilai agama |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PASCASARJANA > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | ms silih fitriasih |
Date Deposited: | 15 Apr 2019 01:15 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 01:15 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2876 |
Actions (login required)
View Item |