UPAYA MENSTIMULASI MINAT MEMBACA ANAK MELALUI MEDIA PERMAINAN KELERENG MENCARI HURUF DI RA AN-NIHAYAH IAIN KOTA BENGKULU

SEPTIANA, AFIFA (2017) UPAYA MENSTIMULASI MINAT MEMBACA ANAK MELALUI MEDIA PERMAINAN KELERENG MENCARI HURUF DI RA AN-NIHAYAH IAIN KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Skripsi Afifa.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Afifa Septiana, NIM. 1316251087, 2017 judul Skripsi: “Upaya Menstimulasi Minat Membaca Anak Melalui Media Permainan Kelereng Mencari Huruf di Ra An-Nihayah Iain Kota Bengkulu”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing : 1.Hj. Asiyah, M.Pd. 2. Fatrica Syafri, M.Pd.I Kata Kunci : Minat Membaca, Media Permainan Kelereng Mencari Huruf Minat membaca anak dalam kegiatan di taman kanak-kanak memang sering mengalami kesulitan ini dikarenakan kemampuan dan daya tangkap anak satu dengan yang lain berbeda-beda, hal ini dikarenakan anak belum mampu dalam menguasai kosa kata dan huruf abjad. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana upaya-upaya menstimulasi minat membaca anak melalui media kelereng mencari huruf dikelompok B RA AN-Nihayah IAIN Bengkulu? Apakah melalui media kelereng mencari huruf dapat menstimulasi minat membaca anak dikelompok B RA AN-Nihayah IAIN Bengkulu? Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui upaya menstimulasi keinginan membaca anak melalui media kelereng mencari huruf dikelompok B RA AN-Nihayah IAIN Bengkulu. Untuk mengetahui media kelereng mencari huruf dapat menstimulasi minat membaca dikelompok B RA AN-Nihayah IAIN Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwa minat membaca anak belum optimal, dapat diketahui kepekaan anak anak mencapai 50,53%, pemahaman anak mencapai 53,01%, dan komunikasi anak 51,22%. Hasil rata-rata kelas yang dicapai 51,57%. Hasil tesebut belum mencapai batas kriteria yang akan dicapai peneliti sebesar 75%. Hasil tindakan siklus II diperoleh data bahwa minat membaca anak mengalami peningkatan yang sangat baik, pada aspek kepekaan anak dan komunikasi anak juga mengalami peningkatan yang baik. Kepekaan anak terhadap pembelajaran pada Siklus II menjadi 79,30%, pemahaman anak terhadap huruf 78,38% , dan komunikasi sosial anak menjadi 83,32%. Rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 80,53% dengan kriteria baik. Kelereng mencari huruf secara keseluruhan terbukti efektif dalam meningkatkan prestasi minat membaca anak. Ini dapat dilihat melalui tindakan pra siklus, siklus I dan siklus II yang terjadi peningkatan minat membaca anak yang signifikan. Selanjutnya melalui pendekatan kelereng mencari hurufanak dapat lebih aktif da memberikan pengetahuan dan pengalaman baru dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Minat Membaca, Media Permainan Kelereng Mencari Huruf
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 15 Apr 2019 01:31
Last Modified: 15 Apr 2019 01:31
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2878

Actions (login required)

View Item View Item