Eliya, Ixsir and Sodik, Achmad Ja'far (2019) PENGUATAN KEILMUAN MAHASISWA MELALUI GERAKAN SADAR LITERASI DALAM UPAYA MENANGKAL RADIKALISME DAN BERITA HOAKS DI MEDIA SOSIAL. In: International Seminar on Islamic Studies, 28 Maret 2019, IAIN Bengkulu.
|
Text
Ixsir Eliya; Achmad Ja’far Sodik-PENGUATAN KEILMUAN MAHASISWA MELALUI.pdf Download (254kB) | Preview |
Abstract
Tantangan revolusi industri 4.0 menuntut setiap orang untuk berkembang mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tidak hanya dikalangan ilmuwan atau kalangan tertentu saja, mahasiswa juga dituntut untuk turut menghadapi tantangan tersebut. Mahasiswa sebagai agen perubahan memiliki tantangan yang besar dalam menghadapi era digitalisasi. Sebagai mahasiswa yang melek akan teknologi dan ilmu pengetahuan, mahasiswa harus memiliki benteng pemertahanan moral yang kuat dan pengetahuan yang luas agar tidak terjerumus terhadap hal-hal yang tidak diinginkan baik itu gerakan radikalisme maupun mudah percaya terhadap berita hoaks. Melalui gerakan sadar literasi, diharapkan mahasiswa dapat meminimalisir penyebaran radikalisme dan berita hoaks melalui budaya cinta baca. Gerakan Sadar Literasi memiliki tiga tahap pelaksanaan, yaitu pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Dalam praktiknya, ketiga tahapan tersebut tentu membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak, baik sivitas akademika, alumni, dan orang tua. Kerja sama tersebut dapat memperlancar tercapainya tujuan utama Gerakan Sadar Lierasi, yakni meningkatkan minat baca secara luas dan membantu terwujudnya agenda prioritas (Nawacita) pemerintah,
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penguatan keilmuan, mahasiswa, gerakan sadar literasi, radikalisme, berita hoaks, media sosial |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 18 Apr 2019 00:50 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 00:50 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2961 |
Actions (login required)
View Item |