UPAYA GURU KELAS DALAM MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN ISLAMI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI07 MERIGI SAKTI BENGKULU TENGAH

Asni, Rania (2017) UPAYA GURU KELAS DALAM MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN ISLAMI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI07 MERIGI SAKTI BENGKULU TENGAH. Other thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
RANIA ASNI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru kelas dalam mengembangkan kepribadian Islami peserta didik, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru kelas dalam mengembangkan kepribadian Islami peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru kelas dua sampai kelas enam. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisa data menggunakan teori Miles dan Huberman dengan menggunakan aktivitas dalam analisis data yaitu data reduction, data display dan conclucion drawing/verivication. Hasil penelitian ini adalah upaya yang dilakukan oleh guru kelas dalam mengembangkan kepribadian Islami di SD Negeri 07 Merigi Sakti adalah melalui kegiatan pembiasaan keagamaan yang berupa setiap paginya peserta didik bergiliran piket kelas, mengucapkan salam, mencium tangan guru, do’a bersama sebelum dan sesudah belajar, shalat dhuha, shalat dhuhur berjama’ah, setiap hari jum’at mengadakan kegiatan imtaq, serta melakukan peringatan hari-hari besar Islam. Kegiatan pembiasaan keagamaan yang telah berjalan cukup baik dilaksanakan, karena dirasakan membawa hal yang positif bagi peserta didik dalam mengembangkan kepribadian Islami. Kemudian faktor pendukung upaya guru mengembangkan kepribadian Islami peserta didik adalah adanya kerja sama yang baik antar sesama guru dan orang tua, adanya aturan dan tata tertib sekolah yang disiplin, peserta didik mengikuti kegiatan pengajian di TPQ setiap sore hari, serta sebagian besar peserta didik memiliki semangat dalam belajar keagamaan. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya adalah masih ada beberapa orang peserta didik yang masih malas belajar keagamaan, sedikitnya alokasi waktu guru dalam mengawasi peserta didik, adanya pengaruh teman sebaya dan lingkungan sekitar, serta maraknya tingkat informasi sosial media/internet.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Guru kelas, dan kepribadian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 30 Apr 2019 08:20
Last Modified: 30 Apr 2019 08:20
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3067

Actions (login required)

View Item View Item