Marpita Sari, Nedia (2019) POLA INTERNALISASI NILAI-NILAI TOLERANSI BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
NEDIA MARPITA SARI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola internalisasi nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu dan mengetahui apa faktor pendukung serta penghambat internalisasi nilai-nilai toleransi berbasis multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif mengacu pada prosedur penelitian yang akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari perilaku yang dapat diamati. Metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting). Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan metode reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), lalu melakukan penarikan kesimpulan (conclusi data). Adapun responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan siswa-siswi SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Penelitian ini menyimpulkan pola internalisasi nilai-nilai toleransi berbasis multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu ini sudah berjalan dengan baik. Dilihat dari gambaran hasil observasi dan wawancara kepada responden, adanya rasa kesadaran dari setiap komponen-komponen pendidikan yang ada, persamaan perilaku terhadap peseta didik yang beraneka ragam (budaya, agama, suku, dan lainnya) dan juga adanya program-program keagamaan seperti literasi mengaji Al-Quran, membaca Kitab dan solat dhuha serta zuhur berjama‟ah dan juga ekstrakurikuler yang diharapkan menjadi penunjang terwujudnya sikap cinta agama masing-masing dan sikap toleransi antar sesama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi, Toleransi, dan Multikultural |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.IP Muhammad Yusrizal |
Date Deposited: | 09 Aug 2019 08:16 |
Last Modified: | 09 Aug 2019 08:16 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3264 |
Actions (login required)
View Item |