UPAYA GURU MENGHINDARI HUKUMAN MELALUI POLA BIMBINGAN KEROHANIAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SANTRI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH (MDTA) ROUDHOTUL ULUM KOTA BENGKULU

Lailah, Soimah (2019) UPAYA GURU MENGHINDARI HUKUMAN MELALUI POLA BIMBINGAN KEROHANIAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SANTRI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH (MDTA) ROUDHOTUL ULUM KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SOIMAH LAILAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan belajar santri setingkat anak-anak perlu mendapatkan perhatian khusus. Santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliah Roudhotul Ulum ini memiliki orangtua berlatar belakang pekerja di Pasar sehingga intensitas pertemuan dengan anak-anaknya semakin sedikit. Maka anak-anak yang kurang diperhatikan banyak melakukan aktivitas pelanggaran. Guru di MDTA Roudhotul Ulum menggunakan pola bimbingan kerohanian Islam dalam mendidik para santri, dengan harapan santri akan terbimbing tanpa melaksanakan tindakan hukuman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan sejauh mana upaya guru menghindari hukuman melaui pola bimbingan kerohanian Islam yang dilakukan di MDTA Roudhotul Ulum. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode penelitian menggunakan Kualitatif dengan teknik Analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Guru MDTA Roudhotul Ulum telah melakukan upaya menghindari hukuman melalui pola bimbingan kerohanian Islam berupa konsekuensi mendapat arahan, istighfar, menghafal lebih banyak surat pendek dan do’a pilihan ketika santri melanggar. Pola Bimbingan Kerohanian Islam telah meningkatkan kedisiplinan santri akan tetapi masih kurang maksimal. Sebab belum ada aturan tertulis yang bersifat regulatif. Konsekuensi dari pelanggaran masih bersifat spontanitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Bimbingan Kerohanian Islam, Kedisiplinan Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 15 Aug 2019 00:59
Last Modified: 15 Aug 2019 00:59
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3282

Actions (login required)

View Item View Item