IMPLEMENTASI STRATEGI KAIZEN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH PADA PT. BNI SYARIAH KC. BENGKULU

Arumningsih, Winda (2019) IMPLEMENTASI STRATEGI KAIZEN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH PADA PT. BNI SYARIAH KC. BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
WINDA ARUMNINGSIH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pihak BNI Syariah Cabang Bengkulu sudah menerapkan kaizen dengan menerapkan teori 5S/5R yaitu seiri atau pemilihan, seiton atau penataan, seiso atau pembersihan, seiketsu atau pemantapan, shitsuke atau pembiasaan untuk menarik nasabah. Tetapi pada kenyataannya masih terdapat nasabah yang belum ber loyalitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi strategi kaizen dalam meningkatkan loyalitas nasabah pada Bank Negara Indonesia Syariah. Untuk mengetahui kendala pihak BNI Syariah dalam menerapkan strategi kaizen untuk meningkatkan loyalitas nasabah. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Implementasi strategi kaizen di BNI Syariah dilakukan dengan memberikan layanan terbaik kepada nasabah yaitu Seiri atau pemilihan, Seiton atau penataan, Seiso atau pembersihan, Shitsuke atau pembiasaan, danSeiketsu atau pemantapan. Adapun Kendala dalam menerapkan strategi kaizen pada BNI Syariah Cabang Bengkulu adalah karyawan yang kurang kompak dalam melakukan pekerjaan misalnya terdapat karyawan yang sudah melakukan (seiso) pembersihan, tetapi masih ada juga karyawan yang belum melakukan pembersihan. Walupun sudah ada office boy tetapi harusnya karyawan juga melakukan pembersihan masingmasing Untuk seiton (penataan) juga terdapat kendala karena yang melakukan pengecekan hanya satu orang dan yang lainnya kurang membantu. Untuk shitsuke (pembiasaan) terkendala oleh waktu dimana dalam melakukan pelayanan terkadang kurang maksimal karena terkendala waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Strategi Kaizen, Loyalitas Nasabah
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 15 Aug 2019 00:52
Last Modified: 15 Aug 2019 00:52
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3296

Actions (login required)

View Item View Item