IMPACT PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 79 KOTA BENGKULU

Wenni, Wenni (2019) IMPACT PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 79 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
WENNI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat impact penggunaan gadget terhadap karakter peduli sosial siswa dikelas V SD Negeri 79 Kota Bengkulu?”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis impact penggunaan gadget terhadap karakter peduli sosial siswa di kelas V SD Negeri 79 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif korelasional, yaitu suatu penelitian yang menggunakan statistik agar dapat menentukan apakah ada hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel. Metode ini melibatkan pengumpulan data untuk menentukan apakah dan sampai sejauh mana tingkat hubungan yang ada antara dua variable atau lebih. Dalam penelitian ini ada dua variabel yaitu variabel X (impact penggunaan gadget) dan variabel Y (karakter peduli sosial). . Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V yang berjumlah 148 siswa, dari kelas V.A sampai kelas V.D dan sampel dari penelitian ini 25 orang siswa kelas V, yaitu diambil dari masing-masing kelas, kelas V.A sebanyak 10 siswa, V.B sebanyak 5 siswa, V.C sebanyak 5 siswa dan V.D sebanyak 5 siswa. Hasil penelitian yaitu, dapat diketahui bahwa hasil rxy sebesar 0,774, nilai tabel rtabel product moment dengan melihat derajat degrees of freedom (df) 25 – 2 = 23, yaitu 0,413, yang artinya lebih besar dari rtabel, 0,774 ≥ 0,413, dengan nilai determinasi 59,90%, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat impact penggunaan gadget terhadap karakter peduli sosial siswa di kelas V SD Negeri 79 Kota Bengkulu, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Impact Penggunaan Gadget, karakter peduli sosial.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 15 Aug 2019 00:48
Last Modified: 15 Aug 2019 00:48
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3306

Actions (login required)

View Item View Item