Fauzi, Rahmat (2019) PERILAKU PENGUSAHA BENGKEL DALAM PELAYANAN JASA DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM KOTA BENGKULU (Studi Kasus Bengkel Sis Brewok). Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
RAHMAT FAUZI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini ada dua tujuan : (1) Bagaimana perilaku pelayanan jasa di Bengkel S.B Dikota Bengkulu. (2) Bagaimana tinjauan Etika Bisnis Islam dalam perilaku pelayanan jasa di Bengkel Sis Brewok Dikota Bengkulu. Penelitian dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini: (1) Data primer diperoleh memalui wawancara Pelanggan di bengkel S.B. (2) data skunder diperoleh dari majalah, buku-buku, dan skripsi yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Kemudian dianalisis menggunakan metode kualitatif deskripstif, dimana bentuk uraian terhadap subjek yang diteliti selanjutnya pembahasan disimpulkan secara deduktif yaitu menarik kesimpulan dari pertanyaan. Prilaku pelayanan jasa di bengkel S.B di Kota Bengkulu masih buruk atau kurang baik. Hal ini peneliti buktikan berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan sela 1 minggu di bengkel Sis Brewok tentang pelayanan jasa yang di teraopkan melalui wawancara kepada 10 orang nasabah yang melakukan service kendaraan di bengkel tersbut. 7 di antaranya masih mengatakan bahwa pelayana di bengkel Sis Brewok masih kurang baik atau masih buruk, Kebijakan yang menyangkut pelayanan terhadap nasabah masih kurang baik. Sedangkan untuk mencapai pelayana jasa yang baik menurut prinsip etika bisnis Islam harus memenuhi lima aspek (1) tauhid (2) keseimbangan atau keaadilan (3) kehendak bebas (4) tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan jasa, Etika Bisnis Islam |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam |
Depositing User: | S.IP Muhammad Yusrizal |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 09:08 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 09:08 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3407 |
Actions (login required)
View Item |