PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA RODA PUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 56 KOTA BENGKULU

Riyani, Indun (2019) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA RODA PUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 56 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
INDUN RIYANI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga roda putar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 56 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu PreExperimental Design dengan bentuk desain The Static-Group Pretest-Postest Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 56 Kota Bengkulu. Peneliti mengambil sampel kelas IV berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel memakai sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi, wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji “t". Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: hasil pengujian uji “t” terhadap hasil belajar posttest kedua kelompok diperoleh thitung = 6,796 sedangkan ttabel dengan df 58 (60-2) pada taraf signifikan 5% yaitu 2,002. Dengan demikian thitung > ttabel (6,796 > 2,002) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan alat peraga roda putar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 56 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Roda Putar, dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 16 Sep 2019 01:40
Last Modified: 16 Sep 2019 01:40
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3458

Actions (login required)

View Item View Item