PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA SDN 74 KOTA BENGKULU

Fajar Prayogo, Wisnu (2019) PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA SDN 74 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
WISNU FAJAR PRAYOGO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Semua yang ada di dunia ini sudah tergambarkan lewat Al-Qur’an. Seperti menulis puisi yang kita ketahui terdapat di dalam Al-Quran meskipun tidak secara terang-terangan dijelaskannya Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah model kontekstual (contektual teanching and learning) dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi Pada Siswa Kelas V SDN 74 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini mendiskipsikan upaya meningkatkan kemampuan Pada Siswa Kelas V SDN 74 Kota Bengkulu penerapan model kontekstual (contektual teanching and learning). Terlaksana secara maksimal apabila ada kerjasama yang baik antara guru dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu jenis penelitian PTK yang dilaksanakan pada tingkat kelas dan menyangkut tentang model pengajaran dengan mengunakan Model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching & Learning) dalam upaya meningkatkan menulis puisi Pada Siswa Kelas V SDN 74 Kota Bengkulu tahun ajaran 2016. Berdasarkan hasil pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning telah mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas V SDN 74 Kota Bengkulu. Peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis puisi tampak pada prosentase peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sebagai berikut : Meningkatnya keaktifan siswa selama mengikuti kegiatan apersepsi Implikasinya siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan guru tentang pembelajaran puisi. Meningkatnya keaktifan siswa selama mengikuti pembelajaran Implikasinya siswa senang dan tertarik pembelajaran yang dihubungkan dengan alam sekitarnya karena pembelajaran sebelumnya hanya dilakukan didalam kelas. meningkatnya keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan, baik lesan maupun tertulis Implikasinya siswa aktif menjawab pertanyaan dari guru baik lesan maupun tertulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: CTL dan kemampuan menulis puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 16 Sep 2019 02:11
Last Modified: 16 Sep 2019 02:11
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3473

Actions (login required)

View Item View Item