PENGARUH PENGGUNAAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 76 KOTA BENGKULU

Marlena, Beta (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 76 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
BETA MARLENA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah 1.Untuk mengetahui apakah ada pengaruh Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 76 Kota Bengkulu. 2. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitan ini adalah Quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan sampelnya adalah kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol, dengan jumlah 27 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1. Angket; 2. Tes; dan 3. Dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi dan tes berupa post-test untuk mengukur hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan: 1. Ada pengaruh Metode Survey, Question, Read, Recite,Review (SQ3R) terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung = 4,511, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 1,674. karena thitung > ttabel (4,511 > 1,674) maka Ha diterima. 2). Ada pengaruh Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 76 Kota Bengkulu Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung = 3,385, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 1,674. karena thitung > ttabel (3,385> 1,674) maka Ha diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R), Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 17 Sep 2019 04:42
Last Modified: 17 Sep 2019 04:42
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3504

Actions (login required)

View Item View Item