UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS II SD NEGERI 84 KOTA BENGKULU

Setiani, Ayu (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS II SD NEGERI 84 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
AYU SETIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaimana penggunaan buku cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Negeri 84 Kota Bengkulu. Hal ini disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Berdasarkan hasil pengamatan awal terungkap adanya masalah yang sering muncul seperti siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia, pembelajaran masih di dominasi oleh guru dan belum diterapkannya pembelajaran inovatif di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring menggunakan media cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD Negeri 84 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) atau disebut dengan classroom action research yaitu proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dalam upaya untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari perlakuan tersebut. Dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Sumber dari data adalah siswa kelas II yang berjumlah 25 siswa dan guru kelas II sebagai kolaborator. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada Siklus I dan Siklus II penggunaan media cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terbukti telah meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hal tersebut terlihat dari hasil persentase ketuntasan belajar siswa pada tahap Pra Siklus 40%, Siklus I sebesar 60% dan meningkat pada siklus II yaitu sebesar 80%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas II SD Negeri 84 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Membaca Nyaring, Media Cerita Bergambar, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 02:08
Last Modified: 08 Oct 2020 01:22
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3592

Actions (login required)

View Item View Item